Kalau kasus COVID-19 di beberapa negara turun, China akan meningkatkan impor daging pada triwulan keempat,
Jakarta (ANTARA) - China mengumumkan penghentian impor daging dari beberapa negara di benua Amerika dan Eropa, Kamis (2/7), sebagai upaya untuk memperketat impor makanan beku di tengah terjadinya gelombang kedua COVID-19 di Beijing.

Eksportir daging unggas asal Brazil Jbs Aves Ltda menghentikan ekspornya ke China secara sukarela pada 26 Juni sebagaimana tercantum di laman Kementerian Bea Cukai China (GAC), Jumat.

Demikian pula dengan eksportir daging sapi asal Argentina yang rela menghentikan ekspornya ke negara berpenduduk terbanyak di dunia itu pada 22 Juni.

GAC juga telah menghentikan sejumlah permohonan impor dari beberapa negara sejak 27 Juni, di antaranya eksportir daging babi dari Jerman Danish Crown Fleisch GmbH, dua eksportir daging sapi dan daging unggas dari Brazil, satu eksportir daging sapi dari Kanada, dan empat perusahaan peternakan babi dari Belanda.

Baca juga: China kenakan tarif impor baru untuk 128 produk AS mulai daging babi sampai buah-buahan
Baca juga: AS perjuangkan ekspor daging sapi ke China


Jiao Shanwei selaku pemimpin redaksi cngrain, laman berita khusus makanan pokok, menilai penghentian impor tersebut dampaknya tidak signifikan terhadap pasokan daging domestik karena persediaan babi hidup di China melimpah, bahkan produk daging unggasnya juga surplus.

"Kalau kasus COVID-19 di beberapa negara turun, China akan meningkatkan impor daging pada triwulan keempat," ujarnya dikutip media setempat.

Data Asosiasi Perdagingan China (CMA) menunjukkan bahwa China mengimpor sekitar 6,18 juta ton daging pada tahun lalu, mayoritas berasal dari Brazil, Spanyol, Jerman, dan Amerika Serikat.

Pada awal Juni diperkirakan 2.399 karyawan dari 24 unit rumah pemotongan hewan yang tersebar di 18 kota di wilayah selatan Brazil terinfeksi COVID-19. Sebelumnya di Belanda, sebanyak 147 orang didiagnosis terinfeksi COVID-19 di pabrik pengolahan daging babi yang berlokasi dekat perbatasan dengan Jerman, demikian laporan Reuters.

Pada 23 Juni, otoritas Inggris dan Brazil menginformasikan kepada GAC bahwa dua perusahaan pengolahan daging babi dan daging sapi menghentikan seluruh kegiatan ekspornya ke China karena kasus positif COVID-19 terjadi di lingkungan karyawan mereka.

China juga menghentikan impor dari Tyson Foods, salah satu perusahaan pengolahan daging terbesar di AS, pada 21 Juni atas klaster COVID-19 di lingkungan pabrik tersebut.

Pada pertengahan Juni, Beijing mendapati klaster COVID-19 baru di Pasar Induk Xinfadi, terutama di lapak dagang produk perikanan dan daging. 

Baca juga: China lanjutkan impor daging sapi dan babi Kanada
Baca juga: Afrika Selatan lanjutkan ekspor daging ke China pascawabah mulut-kuku

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020