Yurianto ingatkan keluar rumah hanya untuk aktivitas produktif

id covid-19,aa

Penumpang kereta jurusan Bogor berdiri di dalam gerbong menunggu kereta diberangkatkan dari Stasiun Manggarai pada jam pulang kerja pukul 17.00 WIB, Senin (15/6/2020). ANTARA/Laily Rahmawaty/aa.

Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengingatkan masyarakat untuk tetap menahan diri tidak keluar rumah kecuali jika harus melakukan aktivitas produktif.

"Saat ini kita sudah waktunya untuk kembali beraktivitas tetapi orientasi aktivitas kita adalah aktivitas yang produktif," kata Yurianto dalam konferensi pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta pada Jumat.

Baca juga: Yurianto: Banyaknya kasus baru karena tracing agresif dan tes masif

Dia berharap jika terdapat kegiatan yang tidak terkait dengan aktivitas produktif agar masyarakat tidak keluar dari rumah untuk melakukannya atau memutuskan untuk menunda kegiatan tersebut.

Hal itu penting untuk dilakukan karena masih banyak terdapat risiko infeksi COVID-19 di luar rumah, termasuk dari orang yang tidak memperlihatkan gejala tapi memiliki virus corona baru di dalam tubuhnya.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 1.072 jadi 26.667 orang

"Apabila kita melakukan aktivitas yang produktif pun harus dengan mematuhi protokol kesehatan yang kita tentukan," kata pria yang juga menjabat sebagai Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) itu.

Dia tidak bosan mengingatkan masyarakat yang harus beraktivitas di luar rumah untuk menjalankan berbagai protokol kesehatan itu untuk melindungi diri dan orang lain. Pemakaian masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak di tempat umum agar aktivitas produktif masyarakat tidak menjadi penyebab infeksi.

Baca juga: Angka kesembuhan nasional COVID-19 capai 43,2 persen

Yuri mengingatkan bahwa tidak menjalankan protokol kesehatan dengan benar dapat menimbulkan risiko memaparkan terhadap keluarga yang berada di rumah.

"Ingat, kita harus kembali produktif tapi mengedepankan aman," tegas dia.

Baca juga: Jubir: Positif COVID-19 bertambah 1.385 orang, sembuh 789 orang

 

Pewarta : Prisca Triferna Violleta
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar