Kairo (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Menteri Perhubungan Mesir Mohamed Mansour pada Selasa mengundurkan diri akibat kecelakaan kereta api Sabtu lalu, jaringan televisi Nile TV melaporkan.

Presiden Mesir Hosni Mubarak telah menerima pengunduran diri Menteri Mansour sebagai rasa tanggungjawab atas kecelakaan kereta api tersebut.

Pada Sabtu lalu, 18 orang tewas dan 39 orang cedera akibat sebuah kereta penumpang menabrak belakang kereta lain di rel yang sama dekat desa Garza, sekitar 50 km sebelah selatan Kairo.

Kecelakaan lalulintas biasa terjadi di Mesir. Diperkirakan sekitar 6.000 orang tewas setiap tahun akibat kecelakaan lalulintas.

Kecelakaan pada Sabtu itu persis terjadi di tempat kejadian yang sama pada 2002, yang merupakan kecelakaan terburuk di Mesir, menewaskan sedikitnya 360 orang.

Pada Juli 2008, 44 orang tewas dan 35 orang lagi cedera ketika sejumlah kendaraan bertabrakkan dengan satu kereta cepat di persimpangan Foka di provinsi Matrouh, Mesir utara, sekitar 430 kilometer di sebelah barat-laut ibukota Mesir, Kairo.

Serangkaian kecelakaan lalu-lintas dan kereta api di Mesir dalam beberapa tahun belakangan telah memicu desakan mengenai penanganan keselamatan transportasi oleh pemerintah.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009