Kami berkoordinasi juga dengan petugas Kepolisian dalam hal ini Patroli Jalan Raya (PJR) dan PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO)
Cikarang, Bekasi (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mulai melakukan perbaikan ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) Kilometer (KM) 36 arah Jakarta pada Senin pekan depan.

Pekerjaan perbaikan rekonstruksi rigid pavement atau pengerasan jalan menggunakan material kaku itu dijadwalkan dikerjakan pada Senin (13/7) hingga Sabtu (18/7).

"Pekerjaan ini dilakukan selama enam hari kalender, mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB setiap harinya," kata Humas Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek Hendra Damanik di Bekasi, Sabtu.

Hendra mengungkapkan pekerjaan ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas jalan sekaligus kenyamanan dan keamanan pengguna jalan tol khususnya pengguna yang melintasi ruas Tol Japek arah Jakarta.

Pekerjaan pengerasan jalan ini terdiri atas dua titik pekerjaan dengan total penanganan sepanjang 141 meter tepatnya di lajur 1 KM 36+972-KM 36+697 sepanjang 71 meter serta di lajur 2 KM 36+339- KM 36+239 sepanjang 70 meter.

Baca juga: Jasa Marga lakukan pengerasan jalan Tol Japek arah Jakarta mulai Senin

"Dikarenakan lokasi pekerjaan tersebut berada pada lajur 1 dan 2 maka pada saat pelaksanaan pekerjaan akan dilakukan skema buka tutup sebagian lajur," ungkapnya.

Pihaknya mengaku telah menyiapkan mitigasi risiko untuk mengantisipasi kepadatan yang berpotensi terjadi akibat pekerjaan tersebut.

Mitigasi risiko tersebut berupa pengaturan arus lalu lintas, mempersempit area kerja pada lajur 1 dan 2 agar lajur 3 dan 4 lebih lebar, serta menyiapkan skema contra flow atau lawan arah dari KM 40+600 sampai dengan KM 32+200 jalur B bila kondisi padat.

"Kami berkoordinasi juga dengan petugas Kepolisian dalam hal ini Patroli Jalan Raya (PJR) dan PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO)," katanya.

Baca juga: Pembangunan Tol Japek II berlanjut, pembebasan lahan hampir 80 persen

Jasa Marga juga telah melakukan sosialisasi rencana pekerjaan dengan memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan dan Variable Message Sign (VMS) di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek baik arah Cikampek maupun arah Jakarta untuk memastikan informasi ini diterima dengan baik oleh pengguna jalan.

Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat adanya pekerjaan ini sekaligus mengimbau pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol.

"Tetap berhati-hati dan menaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan. Informasi lalu lintas di seputar jalan tol dapat di akses melalui Call Center 24 Jam di nomor 14080," kata Hendra.

Baca juga: Jasa Marga lakukan pelebaran dan pengerasan Jalan Tol Japek Layang

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020