Sempat dibuka, objek wisata Telaga Sarangan kembali ditutup

id corona magetan,telaga sarangan,wisata telaga sarangan,sarangan magetan,telaga sarangan magetan,pemkab magetan,kabupaten magetan,pandemi corona,corona

Ilustrasi - Pengunjung menaiki speedboat mengelilingi Telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur, Rabu (1/1/2020). (ANTARA FOTO/Siswowidodo/aww)

Magetan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, Jawa Timur menutup kembali objek wisata Telaga Sarangan yang ada di Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosan, guna mencegah penularan virus Corona (COVID-19) setelah sebelumnya membukanya pada 22 Juni 2020.

"Mulai hari Jumat tanggal 10 Juli 2020, kawasan wisata Telaga Sarangan ditutup kembali untuk umum. Hal itu menyusul adanya satu warga di Kelurahan Sarangan yang dinyatakan positif COVID-19," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Magetan Venly Tomi Nicholas di Magetan, Senin.

Menurut dia, penutupan kawasan Telaga Sarangan tersebut dilakukan setelah ada rekomendasi tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGPP) COVID-19 karena adanya warga di kawasan setempat yang terpapar COVID-19.

Langkah cepat itu dilakukan pemerintah untuk memastikan penyebaran COVID-19 di kawasan tersebut bisa diputus dan dikendalikan.

Selain itu, penutupan sementara tersebut juga untuk mengantisipasi agar Sarangan tidak menjadi klaster baru penyebaran COVID-19 di Kabupaten Magetan.

Untuk itu pihaknya berharap para pelaku wisata di kawasan Telaga Sarangan bisa lebih bersabar hingga menunggu hasil pelacakan dan pengumumnan lebih lanjut dari tim GTPP setempat.

"Semoga segera ada perkembangan baik agar Sarangan bisa dibuka kembali. Untuk itu perlu kerja sama semua pihak," kata Venly.

Ia menambahkan bahwa penutupan kawasan Telaga Sarangan tersebut diperkirakan sampai selesainya tim Gugus tugas melaksanakan pelacakan dengan mempertimbangkan masa inkubasi penularan COVID-19.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan membuka kembali tempat wisata Telaga Sarangan pada 22 Juni dengan menerapkan protokol kesehatan ketat di masa normal baru (new normal).

Sebelumnya Pemkab Magetan menutup objek wisata andalan tersebut sejak 19 Maret 2020 karena pandemi corona. Penutupan tersebut guna mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah Magetan yang hingga Minggu (12/7) tercatat terdapat 123 pasien positif.

Baca juga: Telaga Sarangan Magetan siap sambut normal baru

Baca juga: Pemkab Magetan akhirnya tutup Telaga Sarangan

Baca juga: Ribuan wisatawan kunjungi Telaga Sarangan Magetan libur Tahun Baru

Pewarta : Louis Rika Stevani
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar