Dan begitu juga orang kulit putih. Pertanyaan yang mengerikan untuk ditanyakan. Begitu juga orang kulit putih. Omong-omong, lebih banyak orang kulit putih. Lebih banyak orang kulit putih
Washington (ANTARA) - Presiden Donald Trump pada hari Selasa meremehkan kekerasan polisi terhadap orang kulit hitam, dengan mengatakan bahwa "lebih banyak orang kulit putih" dibunuh oleh petugas polisi.

Selama wawancara dengan CBS News, Trump ditanya mengapa orang kulit hitam masih mengalami kekerasan di tangan penegak hukum.

"Dan begitu juga orang kulit putih. Pertanyaan yang mengerikan untuk ditanyakan. Begitu juga orang kulit putih. Omong-omong, lebih banyak orang kulit putih. Lebih banyak orang kulit putih," jawab Trump.

Kekerasan polisi terhadap orang-orang  Amerika Afrika telah menjadi pusat perhatian di Amerika Serikat setelah kematian George Floyd pada 25 Mei ketika seorang petugas kepolisian Minneapolis menggencet lehernya selama hampir sembilan menit. Kematian Floyd memicu protes di seluruh Amerika Serikat dan dunia.

Menurut analisis Washington Post yang diperbarui pada hari Senin, setengah dari orang yang ditembak dan dibunuh oleh polisi AS adalah orang berkulit putih, tetapi orang kulit hitam Amerika ditembak pada tingkat yang tidak proporsional.

Baca juga: Seorang tewas, 11 terluka dalam penembakan di Minneapolis

Mereka terhitung kurang dari 13 persen dari populasi AS, tetapi dibunuh oleh polisi lebih dari dua kali lipat jumlah orang kulit putih Amerika, menurut analisis surat kabar.

Keresahan sosial baru-baru ini juga menimbulkan pertanyaan baru tentang terus mengibarkan bendera pertempuran Konfederasi di beberapa daerah di negara itu dan apakah patung menghormati pemimpin Konfederasi selama Perang Sipil AS harus dihapus dari tempat-tempat umum.

Ditanya oleh CBS apakah bendera itu harus "diturunkan," Trump menjawab: "Saya tahu orang-orang yang menyukai bendera Konfederasi dan mereka tidak berpikir tentang perbudakan."

Dia menambahkan: "Ini kebebasan berbicara," apakah masalahnya adalah bendera Konfederasi "atau Black Lives Matter atau apa pun yang ingin Anda bicarakan."

Reuters

Baca juga: Publik beri penghormatan pada Rayshard Brooks yang ditembak polisi
Baca juga: Satu meninggal dunia, satu terluka dalam penembakan di Louisville

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020