Usung Bambang-Sudarmadi di Pilkada Gunung Kidul, PDIP siap koalisi

id Pilkada Serentak 2020 Gunung Kidul,Gunung Kidul,Bambang Wisnu,KPU Gunung Kidul

Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati peserta Pilkada Serentak 2020 Gunung Kidul Bambang Wisnu Handoyo dan Benjamin Sudarmadi yang diusung DPC PDI Perjuangan Gunung Kidul. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Setelah resmi mengusung pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati, Bambang Wisnu Handoyo dan Benyamin Sudarmadi pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak 9 Desember 2020, Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) Kabuparten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, membuka peluang untuk berkoalisi meski memiliki kursi yang memadai untuk mengusung sendiri.

"Kami mendapatkan rekomendasi akan berkomunikasi dengan partai politik yang memiliki kursi (DPRD) untuk mendukung pasangan ini," kata Ketua DPC PDI Perjuangan Gunung Kidul Endah Subekti Kuntariningsih di Gunung Kidul, Sabtu.

Sebelumnya, pada Jumat, Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan telah mengumumkan surat rekomendasi dan menunjuk Bambang Wisnu Handoyo dan Benjamin Sudarmadi sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati dalam Pilkada 2020.

"Penunjukkan ini merupakan proses panjang yang dilalui setelah beberapa bulan lalu ada 7 tokoh yang mendaftarkan melalui PDI Perjuangan. Akhirnya, DPP PDI Perjuangan memutuskan untuk mengusung Bambang Wisnu Handoyo dan Benjamin Sudarmadi pada Pilkada 2020 Kabupaten Gunung Kidul," kata Endah.

Baca juga: PDIP resmi usung Gibran-Teguh di Pilkada Solo
Baca juga: PDIP keluarkan rekomendasi untuk Fransiskus Diaan - Wahyudi Hidayat
Baca juga: Soal Pilwalkot Medan, Hasto: semua kader harus taat keputusan partai


Ia mengatakan berdasarkan kalkulasi perolehan kursi di DPRD Gunung Kidul, PDIP dapat mengusung calon sendiri. Namun, DPC PDI Perjuangan Gunung Kidul tetap membuka peluang untuk koalisi dengan partai lain. PDI Perjuangan miliki 10 kursi di DPRD Gunung Kidul, sedangkan syarat untuk maju pilkada minimal sembilan kursi DPRD.

Sementara itu, bakal calon bupati yang diusung oleh DPC PDI Perjuangan Gunung Kidul, Bambang Wisnu Handoyo, dikenal sebagai salah satu birokrat di lingkup Pemerintah DIY. Adapun jabatan terakhir ia dipercaya sebagai Ketua Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) DIY.

Sementara bakal Calon Wakil Bupati Benyamin Sudarmadi sudah terjun ke dunia politik sejak lama. Selain tercatat sebagai calon bupati dari jalur independen di Pilkada 2015, ia juga pernah maju sebagai calon anggota DPD RI di Pemilu 2004, serta menjadi calon anggota DPR RI di Pemilu 2019 melalui Partai Nasdem

Bambang Wisnu dalam kesempatan itu mengatakan selama ini kerap datang ke Gunung Kidul bukan dalam rangka pencalonan namun menjalankan tugas sebagai kepala BPKA dan Disdikpora DIY. 

"Kami berkomitmen untuk membangun Kabupaten Gunung Kidul mulai dari SDM, pengelolaan air bersih hingga pariwisata," katanya.

Pewarta : Sutarmi
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar