Kemarin, pemeliharaan Tol Jagorawi hingga prospek industri otomotif

id tol jagorawi,industri otomotif,jasa marga,kementerian pupr

Pekerjaan pemeliharaan dan rekonstruksi Tol Jagorawi yang dilakukan oleh Jasa Marga. ANTARA/HO-Jasa Marga/am.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Minggu (19/7) kemarin, mulai dari prospek industri otomotif nasional didukung populasi kelas menengah hingga Jasa Marga lanjutkan pemeliharaan Tol Jagorawi sepanjang 255 meter.

1. Prospek industri otomotif nasional didukung populasi kelas menengah

Industri otomotif nasional pada masa pandemi COVID-19 dinilai masih tetap prospektif, yang terlihat dari menggeliatnya kembali volume penjualan, pembangunan infrastruktur, yang terus dilakukan, dan masih tingginya kapasitas produksi dengan didukung populasi kelas menengah.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika saat dihubungi di Jakarta, Minggu, mengatakan pertumbuhan industri otomotif nasional ke depan masih akan menunjukkan geliat yang cukup atraktif, hal ini didorong pertumbuhan jumlah kelas menengah rata-rata sebesar 12 persen per tahun sesuai laporan Bank Dunia.

Baca selengkapnya di sini

2. Jasa Marga lanjutkan pemeliharaan Tol Jagorawi sepanjang 255 meter

PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad melanjutkan pekerjaan pemeliharaan dan rekonstruksi jalan Tol Jagorawi sepanjang 255 meter.

General Manager Representative Office 1 Jasamarga Metropolitan Tollroad Oemi Vierta Moerdika mengatakan bahwa dalam rangka mengantisipasi kepadatan yang timbul, Jasa Marga menyiapkan rambu-rambu untuk pengamanan, melakukan rekayasa lalu lintas dengan contra flow dan menyiagakan petugas pengaturan lalu lintas di sekitar lokasi pekerjaan.

Baca selengkapnya di sini

3. PUPR sebut dua ruas tol siap beroperasi dukung pemulihan ekonomi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan dua ruas jalan tol yakni Banda Aceh-Sigli Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang (14 km) dan Manado-Bitung (Mabit) Seksi 1 Manado-Airmadidi (14 km) siap beroperasi dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional.

"Kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri sehingga akan memacu pertumbuhan ekonomi kawasan dan menciptakan pusat-pusat ekonomi baru," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya di sini

4. Kementerian PUPR dukung Demak sebagai destinasi ekowisata religi

Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung pengembangan wilayah Kabupaten Demak, Jawa Tengah, sebagai destinasi ekowisata religi.

Kepala BPIW PUPR Hadi Sucahyono mengatakan Kementerian PUPR mendukung pengembangan Demak sebagai ekowisata religi melalui penataan kawasan di daerah tersebut.

Baca selengkapnya di sini

5. Indonesia butuh wirausaha pertanian pulihkan ekonomi nasional

Indonesia dinilai membutuhkan lebih banyak wirausaha di bidang pertanian untuk mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional sekaligus mengantisipasi ancaman krisis pangan.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi, Minggu, mengatakan sektor pertanian menjadi salah satu sektor penting dalam upaya pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi COVID-19.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta : Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar