Pada Februari 2020, ketika periode penangguhan enam bulan berlalu ... beberapa ketidaksesuaian yang luar biasa belum diatasi dengan sukses
Jakarta (ANTARA) - Laboratorium Doping Nasional India (NDTL) telah dibekukan sementara untuk periode kedua hingga enam bulan karena tidak memenuhi standar internasional, kata Badan Anti-Doping Dunia (WADA).

Laboratorium yang berbasis di New Delhi itu sebelumnya telah ditangguhkan pada bulan Agustus setelah kunjungan WADA ke lokasi, melarangnya melakukan kegiatan anti-doping, termasuk semua analisis sampel urin dan darah.

"Pada Februari 2020, ketika periode penangguhan enam bulan berlalu ... beberapa ketidaksesuaian yang luar biasa belum diatasi dengan sukses," kata WADA dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters, Rabu.

Baca juga: WADA tindaklanjuti dugaan doping yang mengakar di angkat besi dunia

Kelompok Ahli Laboratorium WADA "merekomendasikan dimulainya proses disipliner lebih lanjut terhadap laboratorium itu berdasarkan ketidaksesuaian yang terjadi".

WADA mengatakan proses disipliner dilakukan oleh komite independen yang merekomendasikan pembekuan tambahan enam bulan yang dimulai pada 17 Juli.

Menurut World Anti-Doping Code, laboratorium memiliki opsi untuk mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga terhadap keputusan WADA.

Jika laboratorium memuaskan Kelompok Ahli Laboratorium WADA bahwa mereka telah mengatasi masalahnya, laboratorium itu bisa mengajukan pemulihan lebih awal. Namun kegagalan untuk melakukannya dapat menyebabkan penangguhan berikutnya yang serupa, WADA menambahkan.

Baca juga: WADA bekukan laboratorium tes doping Moskow
Baca juga: WADA rilis panduan pengecekan doping yang baru terkait COVID-19

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020