KBRI Singapura luncurkan "Road to Indonesia Investment Day 2020"

id kbri singapura,indonesian investmen day 2020

KBRI Singapura luncurkan "Road to Indonesia Investment Day 2020"

Duta Besar RI untuk Singapura, Ngurah Swajaya dalam peluncuran "Road to Indonesia Investment Day 2020" secara virtual, Rabu (22/7/2020). (Dok KBRI Singapura)

Batam (ANTARA) - Kedutaan Besar RI di Singapura meluncurkan "Road to Indonesia Investment Day 2020" yang dilakukan secara virtual dan diikuti 469 peserta, sebagian besar di antaranya adalah anggota Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Singapura.

"'Indonesia Investment Day', merupakan kegiatan KBRI yang sudah sukses digelar sejak 2018. Banyak investor Singapura dan negara lain yang ikut ambil bagian dalam kegiatan ini," kata Duta Besar RI untuk Singapura, Ngurah Swajaya dalam peluncuran virtual, Rabu.

Dan tahun ini KBRI Singapura ingin mengulang kesuksesan acara itu. Namun, karena pandemi COVID-19, maka panitia harus berimprovisasi, dan menggelarnya dengan cara virtual.

Ia yakin, meski banyak negara yang fokus menangani COVID-19, namun agenda pemulihan ekonomi tetap dijalankan.

Baca juga: Meski resesi, BKPM: Singapura masih posisi teratas investasi di RI

Indonesian Investmet Day sendiri akan dimulai pada Agustus higga Oktober 2020.

Acara ini diisi dengan berbagai kegiatan, di antaranya, pemberian informasi mengenai proyek-proyek investasi potensial dan business matching yang mempertemukan para investor dan pemilik proyek.

Tahun ini, kata Dubes, Indonesia Investment Day 2020 menghadirkan 11 provinsi dan lebih dari 80 proyek yang telah dikurasi dengan seksama dan saat ini telah siap untuk menerima investasi dari luar negeri.

"Proyek-proyek yang ditawarkan bersifat 'ready to offer' dan 'clean and clear'," kata Dubes.

Bidang-bidang investasi yang ditawarkan 11 provinsiberagam, mulai dari bidang infrastruktur, agribisnis dan pariwisata.

Baca juga: Indonesia luncurkan laman informasi, konsultasi untuk investor asing

Sementara itu, dalam rangkaian Indonesia Investment Day 2020 ini, akan dilaksanakan 11 webinar yang akan menginformasikan secara detail mengenai proyek-proyek yang ditawarkan masing-masing provinsi.

Di dalam webinar tersebut, juga disediakan platform pertemuan satu lawan satu, untuk memfasilitasi interaksi investor asing dengan pemilik proyek dan pemerintah daerah, serta untuk merealisasikan investasinya di Indonesia.

Dalam kesempatan itu, disebutkan, hasil kontribusi dari Indonesia Investment Day dapat dilihat dari realisasi kuartal I dan II tahun 2020, nilai investasi Singapura pada kuartal I naik 58 persen dari periode yang sama di tahun 2019, dengan nilai 2,72 miliar dolar AS, dan pada kuartal II naik 14 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya, senilai 1,95 miliar dolar AS.

Acara Indonesia Investment Day 2020 diharapkan dapat menjadi upaya konkret menjawab tantangan di tengah-tengah situasi pandemi saat ini, dan lebih jauh lagi untuk merespon upaya percepatan pemulihan perekonomian nasional.

Pewarta : Yuniati Jannatun Naim
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar