Tadi kesepakatan Forkopimda dengan Satgas COVID-19 bahwa akan dilakukan mulai Senin depan
Wamena (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, bersama Satgas COVID-19 setempat memutuskan menutup kembali penerbangan penumpang masuk ke Bandara Wamena di Jayawijaya mulai Senin (27/7), setelah kasus positif COVID-19 melonjak.

Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Rabu, mengatakan kemungkinan penutupan penerbangan penumpang masuk akan dilakukan selama 14 hari.

Baca juga: Total 21 pasien COVID-19 di Jayawijaya sembuh

"Tadi kesepakatan Forkopimda dengan Satgas COVID-19 bahwa akan dilakukan mulai Senin depan. Harus melakukan penutupan akses bandara lagi," katanya.

Penutupan penerbangan penumpang masuk Wamena dilakukan sebab dalam jangka waktu beberapa hari setelah dibukanya penerbangan, jumlah pasien COVID-19 meningkat cepat.

"Kemarin kita buka dan berharap dengan teman-teman penerbangan dan petugas di Jayapura dan Timika kita sama-sama mencegah penyebaran virus ini, kita lihat hasil tes cepat di Jayapura itu nonreaktif, tanggal yang sama ketika tiba di Wamena dan kita  tes cepat kembali, itu reaktif. Kita tes usap ternyata positif, ini berarti kan kita lihat ada keganjilan di dalam hasil tes cepat," katanya.

Baca juga: Stok darah di RSUD Jayawijaya hanya dua kantong

Walau penerbangan penumpang masuk dari Jayapura dan Timika ditutup untuk sementara, penerbangan penumpang keluar Wamena tetap dibuka seperti biasa.

"Yang keluar tetap kita lakukan sesuai yang sudah berjalan, yaitu memberikan surat izin jalan, dan sesuai prosedur ada tes cepat. Jadi kalau nonreaktif, silahkan berangkat," katanya.

Baca juga: Penutupan Bandara Wamena diperpanjang 14 hari lagi

Ketua Tim Percepatan Penanganan COVID-19 Jayawijaya ini mengatakan segera berkoordinasi dengan Pemkab Jayapura dan Pemprov Papua terkait rencana penempatan petugas medis di Bandara Sentani di Jayapura.

"Selama ditutup nanti, kami sambil siapkan tim untuk melakukan pemeriksaan di Sentani, khusus untuk calon penumpang yang hendak ke Wamena. Tetapi kami berkoodinasi dahulu dengan Kabupaten Jayapura dan provinsi," katanya.

Baca juga: Pemkab Jayawijaya perketat pemeriksaan di Bandara Wamena, cegah corona

Pewarta: Marius Frisson Yewun
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020