Bantuan 100 ventilator dari AS telah tiba di Indonesia

id bantuan ventilator as,amerika serikat,covid 19

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan keterangan pers secara daring dari Jakarta, Kamis (23/7/2020). (Handout Kemlu RI)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa bantuan ventilator dari Amerika Serikat (AS) sebanyak 100 unit pertama telah tiba di Indonesia pada Rabu (22/7).

“Ini merupakan tahap pertama pengiriman dari total 1.000 unit ventilator yang akan tiba secara bertahap,” kata dia dalam konferensi pers virtual dari Jakarta, Kamis.

Pemberian bantuan ventilator dari AS dilaksanakan berdasarkan pembicaraan antara Presiden Joko Widodo dengan Presiden Donald Trump pada April lalu.

Melalui akun Twitternya, kala itu, Trump mengatakan telah berbicara dengan Presiden RI Joko Widodo dan akan menyediakan ventilator untuk membantu Indonesia menangani pasien COVID-19.

Baca juga: Universitas di AS akan kirim 140 ventilator tambahan ke Indonesia

Selain dari AS, Indonesia juga menerima dukungan 100 unit ventilator dari pemerintah Australia.

Ventilator dari Australia yang tiba di Jakarta pada Selasa (21/7) akan diserahterimakan kepada Kepala BNPB selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Hingga saat ini, Indonesia telah bermitra dengan 120 pihak yang terdiri dari 11 negara, 12 organisasi internasional, serta 97 mitra non-pemerintah dalam penanganan pandemi global tersebut.

Baca juga: PTDI serahkan Ventilator Indonesia ke rumah sakit di Bandung
Baca juga: Ventilator buatan ITB-Unpad-Salman ITB diserahkan ke Kemenkes


Pewarta : Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar