Mitra Binaan Jasa Marga tersebut telah diberikan pelatihan Pemasaran Digital untuk memperkuat usaha UMKM. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, para pelaku UMKM mampu memasarkan produknya secara online
Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mendorong 60 UMKM untuk berpartisipasi dalam program "UMKM Go Online".

"Jasa Marga telah mendorong sebanyak 60 Mitra Binaan untuk berpartisipasi dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Go Online," ujar Corporate Communication and Community Development Group Head Dwimawan Heru Santoso dalam keterangan tertulis  di Jakarta, Jumat.

Menurut Heru, sebanyak 60 UMKM mitra binaan tersebut bergerak dalam bidang antara lain batik, jaket, kemeja, tas, handycraft, hijab, mug, boneka, makanan kering, bakso, dimsum, somay, herbal, sop durian, pie, dan bolu.

"Mitra Binaan Jasa Marga tersebut telah diberikan pelatihan Pemasaran Digital untuk memperkuat usaha UMKM. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, para pelaku UMKM mampu memasarkan produknya secara online," katanya.

Jasa Marga juga telah memberikan kesempatan kepada para pelaku UMKM dengan membeli produk UMKM untuk pengadaan bantuan penanggulangan pandemi COVID-19.
Total nilai barang bantuan perlengkapan penanggulangan COVID-19 yang dipenuhi oleh UMKM adalah Rp1,4 miliar yang berupa masker kain, hand sanitizer, Alat Pelindung Diri (APD) dan lainnya.

Untuk menjaga kualitas produksi, Jasa Marga memilih UMKM yang kompeten di bidangnya. Contohnya Esa Bumindo, berlokasi di Tangerang Banten yang bergerak di bidang usaha produksi cairan disinfektan, hand sanitizer dan sabun cair telah berkontribusi dalam pencegahan pandemi COVID-19 dengan memproduksi 3.750 liter hand sanitizer pesanan dari Jasa Marga.

"Upaya ini tentu saja telah meningkatkan volume penjualan UMKM agar mereka bisa bertahan di tengah situasi sulit seperti ini," kata Heru.

Selain itu Jasa Marga telah membantu para pelaku UMKM di rest area yang dikelola oleh Jasa Marga dengan membuat branding di masing-masing UMKM. Branding tersebut berupa penyeragaman dan penataan desain display usaha UMKM.

Baca juga: Jasa Marga sebut telah salurkan bantuan Rp1,4 miliar ke UMKM

Baca juga: Jasa Marga bukukan laba bersih 2019 sebesar Rp2,21 triliun

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020