Mulai hari ini, setiap Kamis, saya mengajak seluruh pegawai Kementerian Perdagangan untuk memakai produk buatan Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto menggalakkan kampanye "Setiap Kamis Selalu Optimis" di lingkungan Kementerian Perdagangan (Kemendag) mulai hari ini, Kamis (23/7), dengan mengajak seluruh pegawai untuk menggunakan produk Indonesia.

Hal ini merupakan langkah konkret dari segenap jajaran Kemendag dalam mendukung para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam menghasilkan produk-produk lokal.

"Mulai hari ini, setiap Kamis, saya mengajak seluruh pegawai Kementerian Perdagangan untuk memakai produk buatan Indonesia. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dan sebagai tindak lanjut peluncuran gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) pada 16 Juli 2020 lalu," kata Mendag lewat keterangan resmi diterima di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Kampanye #BanggaBuatanIndonesia dorong naiknya permintaan produk lokal

Menurut Mendag, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendorong pembelian produk buatan dalam negeri sekaligus mendorong UMKM agar tetap berproduksi dan berkembang, serta untuk meningkatkan rasa cinta Tanah Air

"Produk-produk Indonesia memiliki kualitas yang sangat bagus dan berdaya saing tinggi. Pemerintah akan terus mendorong pelaku UMKM untuk berjualan secara luring maupun daring. Penjualan secara daring merupakan inovasi yang perlu diadaptasi para pelaku UMKM agar dapat terus bertahan di tengah pandemi COVID-19," ujar Mendag.

Baca juga: "Bangga Buatan Indonesia" diharapkan perkuat daya saing produk UMKM

Mendag juga mengungkapkan kolaborasi pemerintah dan masyarakat sangat diperlukan untuk meningkatkan kesadaran konsumen Indonesia dalam mendukung UMKM.

“Penggunaan dan kebanggaan terhadap produk-produk dalam negeri oleh konsumen Indonesia tentunya akan dapat memperkuat perekonomian bangsa,” ujar Mendag Agus Suparmanto.

Baca juga: Luhut minta pejabat pusat dan daerah beli produk dalam negeri
 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020