Jakarta (ANTARA) - Agensi kreatif di Indonesia, Fortuna menghadirkan program “Kids Take Leads” untuk menumbuhkan jiwa creativepreneurship anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.

Program ini bekerja sama dengan Paviliun 2, sebuah komunitas industri kreatif untuk memberikan lokakarya yang dibawakan berbagai ahli di bidang kreatif dan kewirausahaan serta sharing session dari para kidspreneur yang sukses.

“Kami melihat di tengah kondisi saat ini, generasi muda justru perlu kita berdayakan dengan berbagai keterampilan dari segi kreatif dan kewirausahaan, sehingga nantinya mereka akan lebih siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan,” kata Deputy CEO, Fortuna, Ratna Puspitasari dalam siaran persnya, Jumat.

Baca juga: Kemenparekraf dukung wisata edukasi kreatif virtual untuk anak

Baca juga: Menkominfo dorong anak muda buat konten kreatif di medsos


“Kids Take Leads” merupakan rangkaian acara di Pot of Luck, sebuah creative hub di ranah online dan offline yang menyediakan wadah untuk bersatunya ide serta pemikiran kreatif yang dibentuk Fortuna.

Program ini akan berlangsung secara virtual setiap hari Sabtu mulai 25 Juli 2020 hingga 15 Agustus 2020. Topik yang diangkat seputar dunia kreatif dan kewirausahaan seperti pelatihan tentang membangun brand, product development, fotografi dan desain untuk media sosial.

Selain itu ada juga mengenai kolaborasi dengan seniman cilik, serta peran orang tua dalam membangun jiwa kewirausahaan anak.

“Memberikan ilmu tentang kewirausahaan dan mengembangkan kreativitas pada anak sedini mungkin memberikan manfaat yang sangat baik kepada mereka,” kata Meyske Ritiau, Psikolog Anak dan Keluarga yang menjadi salah satu narasumber dalam program ‘Kids Take Leads’.

“Program kewirausahaan untuk anak-anak bukan hanya akan memberikan mereka pengetahuan tentang cara mendapatkan uang atau membangun bisnis dari kreativitas mereka, akan tetapi hal yang paling penting adalah megembangkan karakter anak, seperti: Rasa percaya diri, ketekunan, kemampuan problem-solving, goal setting, hingga empati -semua hal yang akan mereka butuhkan dalam menghadapi tantangan di masa depan," sambung dia.

Program “Kids Take Leads” tanpa biaya untuk anak-anak usia 10-12 tahun. Untuk informasi lebih lanjut, bisa melihat akun Instagram Fortuna dan Pot of Luck. Sementara jadwal lengkap program dapat dilihat di https://www.thefortuna.co/events.

Ratna berharap, melalui program "Kids Takes Leads" yang dibawakan anak-anak untuk anak-anak, bisa memberikan sedikit kontribusi pada pengembangan kemampuan generasi alpha ini dengan cara yang kreatif dan menarik.

"Dan sebagai jangka panjang, semoga pengetahuan tentang creativepreneurship ini dapat masuk ke kurikulum nasional," tutur dia.

Baca juga: Pojok Kreatif UI ajak siswa TK melek media sosial

Baca juga: Akademisi : Bermain tingkatkan kreativitas anak usia dini

Baca juga: Gibran ajak anak muda salurkan kreativitas

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020