Bamsoet: Perlu evaluasi tingkatkan kinerja tim penanggulangan COVID-19

id mpr,kinerja tim penanggulangan covid-19,satgas,gugus tugas

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet). (ANTARA)

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyebutkan perlunya proses evaluasi agar kinerja tim penanggulangan COVID-19 dapat ditingkatkan lagi sehingga mampu menekan laju perkembangan pandemik.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo di Jakarta, Jumat, menyampaikan saran tersebut sebagai respon karena tren kenaikan kasus positif COVID-19 terjadi secara nasional sejak 18 Juli sampai hari ini, angka kasus baru setiap harinya konsisten di atas 1.600 kasus.

"Untuk itu perlu evaluasi agar kinerja tim penanggulangan COVID-19 lebih ditingkatkan lagi sehingga dapat menekan laju perkembangan COVID-19 ke depannya," kata dia.

Baca juga: Ketua MPR dorong Pemerintah umumkan perkembangan COVID-19 di televisi

Bambang Soesatyo mendorong kinerja pemerintah baik pusat maupun daerah lebih maksimal dalam penanganan COVID-19 di setiap daerah, sehingga hasil dari kinerja tersebut sesuai dengan target yang ditetapkan pemerintah sendiri.

Kemudian pemerintah, baik pusat maupun daerah juga perlu menetapkan kembali status pembatasan sosial berskala besar (PSBB) secara ketat.

"Khususnya di daerah dengan tambahan kasus harian terbanyak seperti di DKI Jakarta yakni 470 kasus dalam 24 jam terakhir," ujar Bamsoet.

Kemudian, dia menyarankan pemerintah bersama Satgas Penanganan COVID-19 dan TNI-Polri secara aktif melakukan tes PCR dan rapid test serta melakukan patroli dalam rangka mendisiplinkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan di setiap daerah.

Baca juga: MPR: Kerja Komite Penanganan COVID-19 jangan bertentangan lembaga lain

"Secara sigap membatasi ataupun menutup sementara sektor-sektor di luar sembilan sektor yang tercantum dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 tahun 2020 apabila angka penambahan COVID-19 meningkat signifikan sebagai upaya dalam memutus rantai penyebaran COVID-19 dan juga mencegah terjadinya klaster baru Covid-19," ucapnya

Pemerintah juga harus benar-benar mengambil langkah serius dalam mengendalikan persebaran COVID-19 terutama menekan angka penambahan kasus yang terjadi setiap harinya.

"Mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk benar-benar menerapkan protokol pencegahan COVID-19 dimanapun dan kapan pun serta tetap mematuhi seluruh kebijakan aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah, mengingat ancaman nyata COVID-19 ada di sekitar kehidupan kita," ujarnya.

Pewarta : Boyke Ledy Watra
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar