Tesla akan bangun pabrik perakitan keduanya di Texas

id tesla,elon musk

Logo Tesla Motors pada model mobil listrik terlihat di luar ruang pamer di New York. ANTARA/REUTERS/Shannon Stapleton/am.

Jakarta (ANTARA) - Produsen mobil listrik Tesla Inc telah memilih kawasan Austin, Texas, Amerika Serikat sebagai tempat pabrik perakitan otomatis terbesar yang mempekerjakan sedikitnya 5.000 pekerja, USA Today melaporkan, Sabtu.

Pabrik baru akan membangun pikap Cybertruck mendatang milik Tesla dan akan menjadi situs manufaktur AS kedua untuk sport utility vehicle (SUV) kecil Model Y, sebagian besar untuk distribusi ke East Coast.

Tesla akan membangun pabriknya di atas lahan seluas 85 hektar di Travis County dekat Austin dan akan mendapatkan keringanan pajak lebih dari 60 juta dolar AS dari pemerintah daerah dan distrik selama dekade berikutnya. Pengerjaan di pabrik tersebut sudah berlangsung, kata CEO Tesla Elon Musk.

Baca juga: Tesla pangkas harga SUV Model Y hingga 3.000 dolar AS

Baca juga: Elon Musk siapkan Tesla Gigafactory baru di Asia?


Ia tidak menyebutkan jumlah kendaraan yang akan diproduksi fasilitas itu. "(Untuk) Jangka panjang, banyak," kata Musk.

Perusahaan telah berjanji untuk menginvestasikan 1,1 miliar dolar AS dan mengatakan akan membayar upah minimum 15 dolar AS per jam untuk karyawan dan memberikan asuransi kesehatan, cuti yang dibayarkan dan tunjangan lainnya.

Tesla tidak punya banyak waktu untuk menjalankan pabrik jika ingin memenuhi target tanggal produksi. Perusahaan mengatakan di situsnya bahwa Cybertruck akan tersedia mulai akhir tahun depan. Tesla sering melewatkan tanggal produksi yang dijanjikan di masa lalu.

Musk dilaporkan senang dengan Texas, tempat perusahaan roket SpaceX-nya beroperasi di Brownsville dan di McGregor di utara Austin.

Sementara itu, pabrik di Fremont, California saat ini adalah satu-satunya pabrik perakitan Tesla di AS. Perusahaan ini juga memiliki pabrik di Reno, Nevada, tempat yang digunakan untuk memproduksi baterai untuk kendaraannya dan mempekerjakan sekitar 6.500 orang. Tesla juga memiliki pabrik di Shanghai dan satu lagi sedang dibangun di Jerman.

Musk sendiri tidak senang dengan peraturan di California, di mana awal tahun ini ia mengabaikan perintah lokal untuk tetap tertutup untuk membantu membendung penyebaran virus corona baru.

Sementara, Gubernur Texas Republic Greg Abbott tidak mengizinkan kota atau daerah untuk mengeluarkan perintah menutup bisnis ketika virus mulai melonjak ke tingkat rekor musim panas ini. Negara tidak memberi Tesla insentif finansial tambahan, kata juru bicara Abbott John Wittman.

"Tesla adalah salah satu perusahaan paling menarik dan inovatif di dunia, dan kami bangga menyambut timnya ke Negara Bagian Texas," kata Abbott dalam sebuah pernyataan.

Texas tidak memiliki pajak penghasilan badan atau individu. Ini juga mempromosikan tenaga kerja muda di wilayah ini sebagai salah satu yang paling berpendidikan di negara ini.

Hampir 47 persen orang dewasa memiliki setidaknya gelar sarjana, mendorong Austin menjadi 10 besar di antara wilayah metro besar, kata situs tersebut.

Tetapi saat ini, Tesla tidak dapat secara resmi menjual kendaraannya di Texas. Undang-undang negara mewajibkan mobil dijual melalui diler waralaba, bukan toko perusahaan seperti Tesla yang beroperasi.

Baca juga: Tesla pilih Texas untuk bangun pabrik Cybertruck baru

Baca juga: Tesla buka lowongan di Singapura

Baca juga: Tesla dapat keringanan pajak, jika mau bangun pabrik di Texas

Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar