Sepekan, hewan kurban jumlahnya menurun hingga waspada Gunung Merapi

id Hewan Kurban,Idul Adha,Kabupaten Bogor,Pandemi COVID-19,Komet Neowise,Kardinal Ignatius Suharyo,Dewan Kepausan,Gereja Katolik,Menteri Agama,Fachrul Ra

Salah seorang petugas kesehatan hewan dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Banjarbaru memeriksa kesehatan sapi kurban sebelum disembelih pada Idul Adha 1441 Hijriah.. (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora menjadi perhatian banyak pembaca selama sepekan mulai dari penurunan jumlah hewan kurban yang disembelih akibat pandemi COVID-19 hingga waspada Gunung Merapi yang menggembung.

1. Hewan kurban untuk disembelih di Kabupaten Bogor menurun

Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor, Jawa Barat menyatakan di tengah pandemi COVID-19 saat ini jumlah hewan kurban mengalami penurunan sekitar 10 persen jika dibandingkan Idul Adha tahun 2019 yang mencapai sekitar 3.300 ekor.

"Pemerintah Kabupaten Bogor mencatat ada 2.953 hewan kurban di Kabupaten Bogor yang akan disembelih pada Idul Adha 1441 Hijriah," kata Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor Hardi Hendriawan di Cibinong Kabupaten Bogor, Kamis (23/7).

2. Komet Neowise melintas terdekat ke bumi

Peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Rhorom Priyatikanto mengungkapkan Komet Neowise atau C/2020 F3 melintasi pada titik terdekat dengan Bumi pada 23 Juli 2020.

Komet masih dapat diamati hingga beberapa bulan ke depan, tentu menggunakan bantuan teleskop karena semakin jauh, komet akan tampak semakin redup.

3. Menag ucapkan selamat Kardinal Suharyo masuk Dewan Kepausan

Menteri Agama Fachrul Razi mengucapkan selamat kepada Kardinal Ignatius Suharyo yang menjadi wakil Indonesia pertama dalam keanggotaan Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama.

"Saya ucapkan selamat. Ini kali pertama ada wakil Indonesia dalam dewan tersebut. Semoga Kardinal Ignatius Suharyo bisa mengemban kepercayaan ini dengan baik," kata Menag dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu (22/7)

4. Gunung Merapi menggembung, masyarakat diminta tidak panik

Ahli vulkanologi Universitas Gadjah Mada Agung Harijoko meminta masyarakat tidak panik menghadapi aktivitas deformasi berupa penggembungan Gunung Merapi, meski tetap perlu meningkatkan kewaspadaan.

"Tetap tenang dan jangan panik. Ikuti arahan dan patuhi rekomendasi yang disampaikan oleh BPPTKG atau BPBD setempat," kata Agung melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Minggu (19/7)

5. BKKPN persiapkan rekonstruksi tulang paus biru

Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang menyatakan bahwa tulang dari paus biru atau nama ilimiahnya Balaenoptera musculus akan direkonstruksi ulang agar bisa dipajang di Museum milik Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Sesuai arahan dari Gubernur, beliau menginginkan agar tulang paus biru itu direkonstruksi sehingga bisa dipajang di museum di Kota Kupang sebagai sejarah," kata Kepala BKKPN Kupang Ikram Sangadji kepada wartawan di Kupang, Kamis (23/7). (T.D018)

Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar