Total perjalanan KRL yang beroperasi saat ini adalah 966 perjalanan
Jakarta (ANTARA) - PT KCI mengantisipasi lonjakan pengguna KRL yang kerap terjadi pada saat akan masuk area stasiun khususnya pada setiap hari Senin, dengan mempersiapkan berbagai macam dukungan layanan KRL.

Vice President Corporate Communications KCI Anne Purba dalam keterangan tertulis di Jalarta, Minggu, mengatakan agar upaya menjaga jaga jarak aman di dalam KRL lebih maksimal, mulai Jumat (24/7) lalu PT KCI sudah menambah frekuensi perjalanan KRL untuk lintas Bogor - Angke PP dan Manggarai - Tambun PP sebanyak masing-masing dua perjalanan KRL di lintas tersebut.

“Total perjalanan KRL yang beroperasi saat ini adalah 966 perjalanan,” katanya.

Sementara agar pengguna dapat mengikuti update berkala mengenai situasi antrean pada jam sibuk pagi hari di sejumlah stasiun dengan volume pengguna tertinggi, PT KCI selama beberapa pekan terakhir telah menyajikan informasi kondisi antrean melalui aplikasi KRL Access dan media sosial @commuterline.

“Dengan mengetahui situasi antrean sebelum tiba di stasiun, calon pengguna KRL diharapkan dapat mengambil keputusan sesuai keperluan terkait rencana dan waktu perjalanannya dengan KRL,” ujar Anne.

PT KCI juga memperkenalkan KRL Access dengan tampilan baru dimana para pengguna dapat mengakses berbagai layanan terutama informasi kondisi antrian di stasiun dan posisi terkini KRL.

KRL Access versi terbaru sudah dapat diunduh para pengguna Android melalui Play Store dan dalam beberapa hari ke depan akan tersedia juga di App Store. Aplikasi versi terbaru ini hadir dalam bentuk unduhan yang baru dan bukan merupakan update dari versi sebelumnya.

Aplikasi versi terbaru ini tampil dengan user interface lebih modern dan performa lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya.

Di halaman depan, aplikasi menampilkan kondisi terkini dari setiap jalur layanan KRL dan informasi kebijakan-kebijakan layanan terbaru.

Selanjutnya dengan mengetuk huruf C dari logo KCI pada halaman depan, pengguna dapat mengakses informasi kepadatan di stasiun, jadwal kereta, dan posisi real time KRL.

PT KCI terus mengharapkan kerja sama agar pengguna jasa selalu mengikuti protokol kesehatan Covid-19 yang telah diwajibkan seperti selalu menggunakan masker, dan mengikuti pengukuran suhu di stasiun.

Pengguna jasa juga sangat disarankan untuk selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan di wastafel yang telah disediakan di seluruh stasiun KRL.

“Kami juga memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya bagi para pengguna jasa yang telah mengikuti antrean di stasiun maupun saat naik KRL dengan mengikuti marka-marka yang telah disediakan,” katanya.

Marka atau penanda jalur tersebut telah disesuaikan agar posisi saat berdiri dan duduk masih terdapat jarak sehingga pengguna dapat menggunakan transportasi publik dengan aman.

Sementara itu, Stasiun Bogor, Stasiun Cilebut, dan Stasiun Cikarang seperti minggu sebelumnya tetap memberlakukan sebagai stasiun khusus KMT khusus pada hari Senin.

Nantinya di tiga stasiun tersebut mulai Senin 3 Agustus 2020 akan diberlakukan sebagai stasiun khusus KMT khusus setiap hari kerja Senin hingga Jumat. Di akhir pekan maupun di hari libur nasional, tiga stasiun tersebut juga dapat melayani transaksi dengan Tiket Harian Berjaminan (THB).

Melalui kebijakan ini, layanan tiket di Stasiun Bogor, Stasiun Cilebut, dan Stasiun Cikarang hanya dapat menerima transaksi menggunakan KMT, kartu elektronik bank, dan tiket dengan kode QR melalui aplikasi Link Aja.

Para pengguna yang bertransaksi dengan THB PP masih dapat melakukan perjalanan kembali dari ketiga stasiun tersebut.

Diharapkan dengan memperbanyak transaksi non tunai, akan mengurangi risiko terpaparnya Covid-19 dari uang yang sangan sering berpindah tangan.

Sebagaimana pada pekan lalu, esok hari juga akan tersedia layanan bus bantuan gratis dari pemerintah yang melayani pengguna dari Stasiun Bogor, Cilebut, Bojonggede, Citayam, Cikarang dan Botani Square Bogor ke sejumlah stasiun tujuan di wilayah DKI Jakarta. Waktu keberangkatan bus tersedia mulai pukul 05.15 WIB.

Baca juga: Penumpang KRL sambut baik aturan wajib pakai baju lengan panjang
Baca juga: Antrean lancar, 109.804 penumpang padati KRL Senin pagi ini


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020