Google Play Store perluas rilis filter pencarian

id Google,Google Play Store

Hasil tangkap layar filter pencarian pada Google Play Store. (ANTARA/Arindra Meodia)

Jakarta (ANTARA) - Setelah dikabarkan muncul pada Mei lalu, Google kini dilaporkan telah merilis lebih banyak filter pencarian untuk Play Store di berbagai perangkat dan di berbagai negara.

Pembaruan tersebut, menurut laman Android Police, tampaknya telah diaktifkan dari sisi server mengingat pembaruan itu juga dapat dilihat di Play Store versi yang sedikit lama, termasuk v21.0.17.

Sementara, Antara, Senin pagi, telah melihat filter pencarian tersebut di Play Store. Saat mencari kata kunci "Chess" misalnya, akan muncul filter bintang 4.0+ dan bintang 4.5+ atau pun filter Premium dan New untuk aplikasi baru.

Namun, jika yang dicari adalah nama-nama dari merek terkenal, misalnya Spotify, Gmail, Outlook, Netflix, WhatsAp dan Apple Music, maka filter pencarian tidak akan muncul, karena kemungkinan besar aplikasi-aplikasi tersebut akan ditemukan di hasil pencarian pertama.

Namun, jika menambahkan kata-kata lain di belakangnya, misalnya "Apple Music Utility" atau "Spotify Utility," maka filter pencarian akan muncul kembali secara bersamaan, antara lain bintang 4.0+, bintang 4.5+, Editor's Choice, Premium dan New.
 
Hasil tangkap layar filter pencarian pada Google Play Store. (ANTARA/Arindra Meodia)


Sayangnya, tidak ada filter pencarian untuk aplikasi gratis, atau bahkan aplikasi bebas iklan dalam filter pencarian Play Store tersebut.

Baca juga: Australia tuntut Google terkait penggunaan data pribadi

Baca juga: Android 11 akan pakai nama makanan lagi?


Baca juga: Google hadirkan "Tangkas Berinternet" agar keluarga aman berinternet

Pewarta : Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar