sesuai kesepakatan, hasilnya kami kembalikan ke institusi
Manokwari (ANTARA) - Direktur Rumah Sakit Umum (RSU) Provinsi Papua Barat Arnoldus Tiniap menyatakan bahwa pemeriksaan sampel usap COVID-19 dari para personil BKO TNI Angkatan Darat di Manokwari sudah tuntas.

TNI AD pada akhir Juni 2020 mengirim sebanyak 411 personil pasukan BKO untuk mendorong pembentukan Kodim dan Koramil di sejumlah daerah Papua Barat. Mereka tiba di Manokwari secara bertahap di Manokwari pada 28 Juni hingga 2 Juli 2020.

Sebelum disebar ke daerah-daerah mereka menjalani pembekalan di Kodam XVIII/Kasuari selama 15 hari. 

Arnold menyebutkan, pada pemeriksaan pertama 36 dari 411 personil yang didatangkan dari sejumlah Kodam di Indonesia itu terkonfirmasi positif COVID-19. Dari temuan itu, seluruh personil akhirnya dilakukan pemeriksaan.

"Semua sudah kami periksa dan hasil RT-PCR (real time polymerase chain reaction) sudah ada. Tapi sesuai kesepakatan, hasilnya kami kembalikan ke institusi," sebut Arnold

Baca juga: RSU sebut peluang sembuh 36 TNI positif COVID-19 di Manokwari tinggi

Baca juga: Gugus Tugas telusuri penularan COVID-19 klaster BKO TNI Manokwari


"Kami belum bisa umumkan, hasilnya sudah kami serahkan dan akan sampaikan ke pimpinan TNI-AD dalam hal ini Kepala Staf TNI Angkatan Darat. Saat ini kita menunggu petunjuk selanjutnya," kata dia menambahkan.

Arnold mengakui saat wartawan mencoba memastikan bahwa dari ratusan sampel yang telah diperiksa itu diantaranya ada yang menunjukkan hasil positif.

Pada kesempatan sebelumnya, Tiniap menyebutkan, dari temuan kasus positif COVID-19 pasukan BKO TNI itu pihaknya juga telah melakukan penelusuran kontak untuk memastikan penularannya.

Selain di kalangan internal Kodam XVIII/Kasuari, tracing kontak juga dilakukan terhadap warga yang bermukim di sekitar Gedung Badan Diklat Pemprov Papua Barat di Anday, Manokwari.

"Ratusan pasukan BKO ini kan dikumpulkan di Badan Diklat. Maka untuk mengantisipasi penularan di kalangan warga, penelusuran untuk warga pun kita lakukan," katanya lagi

Sejauh ini sudah puluhan warga menjalani pemeriksaan swab di RSU Papua Barat.

Baca juga: 36 anggota TNI positif COVID-19 di Manokwari dalam kondisi baik

Baca juga: Ratusan prajurit TNI AD dikirim lagi ke Papua Barat

Pewarta: Toyiban
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020