Ada enam tambahan, positif COVID-19 di Gunung Kidul-DIY naik 102 kasus

id Gunung Kidul,COVID-19,DIY,corona,Dinkes

Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul Dewi Irawaty. ANTARA/Sutarmi/am.

Gunung Kidul (ANTARA) - Dinas Kesehatan Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan kasus pasien positif COVID-19 di daerah itu bertambah enam kasus, sehingga jumlah totalnya naik menjadi 102 kasus.

"Hari (Selasa, 28/7) ini, di Gunung Kidul ada penambahan enam kasus pengembangan dari klaster tenaga kesehatan dan Wonosari," kata Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul dr Dewi Irawaty di Gunung Kidul, Selasa.

Ia mengatakan pasien positif COVID-19 baru, yakni perempuan umur 5 tahun dan perempuan 15 tahun warga Kecamatan/Kapanewon Wonosari yang hasil penelusuran konfirmasi positif di Wonosari.

Selanjutnya, klaster tenaga kesehatan yakni perempuan umur 31 tahun warga Kecamatan Wonosari, laki-laki umur 35 tahun warga Gedangsari, laki-laki umur 50 tahun warga Kecamatan Ponjong, dan perempuan umur 32 tahun warga Kecamatan Semin.

"Total pasien positif COVID-19 dari tenaga kesehatan masih kami hitung lagi," katanya.

Selain itu, Dinkes melakukan penelusuran di fasilitas-fasilitas kesehatan yang tersebar di 18 kecamatan/kapanewon di Gunung Kidul. Dinkes juga melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin, yakni pada pagi hari sebelum pelayanan dan siang sesudah pelayanan.

"Selain itu, ke depan para pegawai fasilitas kesehatan harusmeningkatkan imunitas tubuhnya dan lebih ketat melaksanakan protokol kesehatan. Meskipun demikian, penularan bisa saja terjadi dari luar masalah keluarga dan lingkungannya," katanya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan, perkembangan pasien positif COVID-19 di Gunung Kidul totalnya sampai hari ini sebanyak 102 kasus, dengan rincian 61 pasien sembuh, 39 pasien masih dirawat di rumah sakit dan dua orang meninggal dunia.

Selanjutnya, total spesimen sebanyak 1.879 dengan rincian, hasil negatif sebanyak 1.530, kasus positif terkonfirmasi sebanyak 102 kasus. dan spesimen dalam proses sebanyak 247, demikian Dewi Irawaty.

Baca juga: Bertambah 10, positif COVID-19 di Gunung Kidul-DIY jadi 24 kasus

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di DIY naik 244 orang dari klaster penjual ikan

Baca juga: 11 PDP di Gunung Kidul meninggal dunia

Baca juga: Warga terdampak di Gunung Kidul-DIY butuhkan segera bantuan JPS

Pewarta : Sutarmi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar