Pangkalan TNI AU Silas Papare siap dukung adaptasi kebiasaan baru

id hari bakti tni au,tni au,pangkalan udara silas papare

Komandan Pangkalan TNI AU Silas Papare, Marsekal Pertama TNI Budhi Achmadi. ANTARA/HO-Penerangan Pangkalan Udara TNI AU Silas Papare

Jayapura (ANTARA) - Jajaran Pangkalan TNI AU Silas Papare di Jayapura menyatakan komitmennya mendukung adaptasi kebiasaan baru menuju Indonesia maju dalam peringatan Hari Bakti ke-73.

Komandan Pangkalan TNI AU Silas Papare, Marsekal Pertama TNI Budhi Achmadi, di Jayapura, Rabu, mengatakan, melalui peringatan Hari Bakti TNI AU ini, dengan mengambil nilai-nilai kepahlawanan 29 Juli 1947, mereka berkomitmen siap mendukung adaptasi kebiasaan baru menuju Indonesia maju.

"Meskipun sederhana namun Peringatan Hari Bakti ke-73 TNI AU, sarat akan makna pengorbanan dan perjuangan prajurit TNI AU dalam berbagai misi kemanusiaan untuk bangsa Indonesia di mana telah membantu pemerintah dalam penjemputan dan pendistribusian alat kesehatan dan kebutuhan logistik ke seluruh penjuru Indonesia," katanya, ketika membacakan amanat Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Menurut Achmadi yang berlatar penerbang F-5E/F Tiger II itu, mereka juga menyiapkan rumah sakit dan menugaskan tenaga kesehatan TNI AU guna menangani masyarakat yang terkena pandemi, selain itu, para prajurit juga turut dilibatkan dalam mensosialisasikan penerapan adaptasi kebiasaan baru kepada masyarakat Indonesia.

"Semua upaya tersebut adalah bentuk bakti TNI AU yaitu kerelaan untuk berkorban, kesediaan untuk menjadi contoh, serta ikut mempelopori usaha untuk meringankan beban dan kesulitan rakyat di sekelilingnya," ujarnya.

Ia menjelaskan, pandemi Covid-19 masih terus melanda bangsa Indonesia, tidak hanya itu, dampaknya bahkan meluas hingga kehidupan sosial dan perekonomian bangsa, namun demikian, di balik musibah pasti ada hikmah.

"Dari Covid-19 kami belajar untuk saling berempati dan ikut merasakan kesulitan masyarakat di sekitar, wabah ini mengajarkan untuk bersatu dan saling bahu membahu sebagai satu bangsa di mana harus berjuang serta bangkit bersama, bahkan saling mendukung dan saling meringankan beban saudara sebangsa juga setanah air," katanya.

Achmadi yang banyak mencatatkan karirnya sebagai penerbang tempur di Skuadron Udara 14 memimpin upacara Hari Bakti ke-73 TNI AU bagi jajaran Pangkalan Udara TNI AU Silas Papare di Jayapura.

Peringatan Hari Bakti ke-73 TNI AU ini mengambil tema "Dengan Nilai-Nilai Kepahlawanan 29 Juli 1947, TNI AU Siap Mendukung Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Indonesia Maju".

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar