Enam camat di Pati terkonfirmasi positif COVID-19

id enam camat di Pati, terkonfirmasi positif COVID-19

Pelaksanaan tes usap (swab) di Pendapa Kabupaten Pati, Jawa Tengah, pada Sabtu (25/7/2020). (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Pati (ANTARA) - Sebanyak enam camat di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 setelah mengikuti tes PCR (polymerase chain reaction) atau tes usap tenggorokan.
 
Bupati Pati Haryanto ketika dimintai konfirmasinya terkait adanya enam camat yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Pati, Rabu, membenarkan hal tersebut.

"Iya benar," ujarnya melalui layanan pesan WhatsApp.

Sebanyak 21 camat di Kabupaten Pati mengikuti tes usap (swab) tenggorokan bersama pejabat di lingkungan Pemkab Pati, termasuk Bupati Pati dan Wakilnya serta jajarannya di Pendopo Kabupaten Pati pada Sabtu (25/7).

Usai dinyatakan positif COVID-19, sejumlah camat tersebut pun langsung dikarantina.

Selama hasil swab lanjutan belum negatif, para camat tersebut akan tetap dikarantina, sedangkan kantor kerjanya disemprot dengan cairan disinfektan serta orang-orang yang pernah kontak langsung dilakukan pelacakan kontak.

Baca juga: Kabupaten Pati, nihil kasus positif COVID-19

Baca juga: Pemkab Pati terima bantuan 1.000 APD untuk penanganan pasien corona


Selain itu, untuk para pegawai kecamatan yang camatnya positif COVID-19, mereka mengambil kebijakan para staf di bawahnya bekerja dari rumah.

Wakil Bupati Pati Saiful Arifin menambahkan keenam camat tersebut dalam kondisi sehat, sehingga mereka dilakukan karantina.

"Sementara pelayanan masyarakat di keenam kantor kecamatan tersebut ditutup, nantinya akan dilakukan evaluasi dengan harapan masih bisa dibuka dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat," katanya.

Ia meminta masyarakat dan para pegawai yang bersinggungan dengan pelayanan publik untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi penularan virus corona.

Pemkab Pati juga akan menggelar tes cepat corona secara masif, khususnya terhadap warga yang pernah kontak langsung.

Masyarakat juga diminta untuk tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan.

Sementara hasil tes usap Bupati Pati Haryanto dan Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, Sekda Suharyono, para pejabat eselon II dan III di lingkungan Setda, serta seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kabupaten Pati dinyatakan negatif COVID-19. 

Baca juga: Pati beri sanksi menyapu dan pungut sampah bagi warga tak bermasker

Baca juga: Hasil tes COVID-19 pati Polri yang hadir sertijab 8 Mei semua negatif

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar