Mekkah (ANTARA) - Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman memberi selamat Hari Raya Idul Adha kepada semua orang di saat umat Islam melakukan sholat Idul Adha pada Jumat pagi (31/7) di Masjidil Haram, Masjid Nabi dan di seluruh Kerajaan di tengah upaya pencegahan COVID-19.

"Saya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha kepada semua orang. Semoga Allah melimpahkan kita kebaikan, keberkahan, dan kesejahteraan di Hari Raya Idul Adha di mana kita berada," ujar Raja Salman.

"Kami juga meminta kepada-Nya (Allah SWT) untuk menerima ibadah yang dilakukan oleh jamaah haji dan untuk menerima doa-doa umat Islam dan menghapus pandemi COVID-19 di negara kami," ujar dia, seperti yang dilansir Saudi Gazette, Jumat.

Sementara itu, di Masjidil Haram, para jamaah melakukan sholat, dipimpin oleh Sheikh Dr. Abdullah Bin Awad Al-Juhani, imam dan penceramah Masjidil Haram, yang menyeru jemaah haji untuk takut hanya kepada Allah SWT.

Sheikh Al-Juhani mengatakan: "Ini adalah Hari Raya Idul Adha yang diberkati, hari dilakukannya ibadah haji, hari selesainya wahyu dan sempurnanya ajaran Islam,"

"Salah satu tindakan ibadah terbaik dan terbesar adalah kewajiban menunaikan haji, yang merupakan rukun Islam kelima. Ini adalah kewajiban bagi setiap pria Muslim dan wanita Muslim yang mampu secara fisik dan materi. Bagi yang melaksanakan ibadah haji maka akan mendapatkan pahala yang besar,"

Sheikh Al-Juhani memuji pemerintah Arab Saudi yang dipimpin oleh Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman karena mengatur haji dengan jamaah terbatas dalam rangka menjaga keamanan dan keselamatan mereka di Rumah Allah SWT di tengah pandemi virus corona.

Upaya tersebut menunjukkan bahwa salah satu ajaran dasar Islam adalah menyelamatkan hidup.

Dia mengutip perkataan Yang Mahakuasa (dan jangan bunuh diri) dan (jangan membuang tanganmu untuk binasa) bahwa Allah itu Maha Pemurah).

Di Madinah, sejumlah jamaah melaksanakan shalat Idul Adha di Masjid Nabawi yang dihadiri oleh Pangeran Faisal Bin Salman, Gubernur wilayah Madinah, dan wakilnya Pangeran Saud Bin Khaled Al Faisal, dan dipimpin oleh Sheikh Ahmed Bin Talib Bin Humaid , yang bertindak sebagai imam dan penceramah.

Sumber : Saudi Gazette.
Baca juga: Pimpinan MPR temui Raja Salman minta tambahan kuota haji
Baca juga: Raja Salman tambah kuota haji Indonesia
Baca juga: Kakek 94 tahun diundang Raja Salman tunaikan ibadah Haji ke Tanah Suci

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2020