Jakarta (ANTARA) - Lamborghini resmi meluncurkan hypercar terbarunya dengan nama Essenza SCV12, yang tersedia secara terbatas sebanyak 40 unit saja. Mobil ini dikembangkan oleh Lamborghini Squadra Corse dan dirancang oleh Lamborghini Centro Stile.

Dikutip dari laman resminya, Minggu, mobil yang merupakan turunan langsung dari mobil seperti Miura Jota dan Diablo GTR ini dilengkapi dengan mesin aspirasi V12 paling kuat yang pernah dikembangkan oleh Lamborghini, dikombinasikan dengan aerodinamika yang terinspirasi oleh prototipe balap dan solusi teknis baru yang dirancang untuk pengalaman berkendara terbaik.

Stefano Domenicali, CEO dan Ketua Automobili Lamborghini, berkomentar, “Essenza SCV12 mewakili pengalaman berkendara trek paling murni yang dapat ditawarkan oleh merek kami, suatu prestasi rekayasa yang menyoroti hubungan erat antara mobil kami dan aspal trek."

"Essenza SCV12 adalah kombinasi sempurna dari semangat utama kami sebagai produsen mobil sport super dan semangat sejati kami untuk motorsport," ujarnya melanjutkan.

Baca juga: Lamborghini bakal rilis mobil terbarunya 7 Mei ini

Baca juga: Bugatti belum mau ikut tren mobil listrik

 
Tampilan Lamborghini Essenza SCV12. (Lamborghini)


Mesin V12 mampu menghasilkan lebih dari 830 hp, dengan peningkatan daya yang signifikan dari efek RAM pada kecepatan tinggi. Mesinnya sendiri berkapasitas 6.500 cc.

Pipa knalpot dirancang untuk mengurangi tekanan balik, meningkatkan kinerja dan menekankan suara unik mesin. Tenaga tersebut ditangani oleh gearbox enam kecepatan berurutan X-trac baru sebagai elemen struktural dalam sasis, dikombinasikan dengan penggerak roda belakang untuk memastikan kekompakan, kontinuitas struktural, dan kekakuan torsional yang lebih besar.

Essenza SCV12 memiliki rasio power-to-weight sebesar 1,66 hp/ kg berkat sasis monocoque serat karbon generasi baru tanpa rollcage internal. Essenza SCV12 juga merupakan mobil GT pertama yang dikembangkan untuk menghormati aturan keselamatan prototipe FIA.

Mobil ini dilengkapi oleh ban Pirelli khusus yang dipasang di pelek magnesium (depan 19 inci, belakang 20 inci), yang dikembangkan oleh Brembo Motorsport.

Manfaat aerodinamis dari pengalaman balap GT Lamborghini Squadra Corse untuk memastikan tingkat efisiensi dan tingkat downforce yang lebih tinggi daripada mobil GT3, dengan nilai 1.200 kg pada 250 km/jam.
 
Tampilan Lamborghini Essenza SCV12. (Lamborghini)


Desain Essenza SCV12 adalah hasil dari karya kreatif Lamborghini Centro Stile, yang telah mendesain semua mobil balap yang diproduksi oleh Lamborghini.

Mobil ini memiliki decal yang melampirkan sponsor termasuk Roger Dubuis maupun Pirelli, dan Pertamina Fastron. Pertamina Fastron sendiri diketahui telah menjalin kerja sama sejak 2015 dan official technical partner Lamborghini.

Lamborghini Essenza SCV12 dibanderol seharga 2,7 juta poundsterling (sekira Rp51,6 miliar). Lamborghini juga sudah menyiapkan garasi khusus yang terletak di markas Lamborghini, sehingga setiap pembelinya tidak diperkenankan untuk membawanya pulang ke rumah.

Baca juga: Lamborghini Aventador SVJ Xago hanya 10 unit, rayakan Ad Personam

Baca juga: Lambroghini hadirkan Urus baru

Baca juga: Lamborghini buat replika Sian FKP 37 dari 3.696 keping LEGO
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020