Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan meminta warga untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan disiplin menerapkan protokol kesehatan guna meminimalkan penyebaran COVID-19.

"Peningkatan PHBS dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan merupakan cara yang efektif untuk mencegah gangguan kesehatan dan penularan virus corona pada kondisi normal baru atau adaptasi kebiasaan baru sekarang ini," kata Sekda Palembang, Ratu Dewa di Palembang, Senin.

Menurut dia, tingkat penyebaran COVID-19 di kota ini sekarang masih cukup tinggi,sehingga memerlukan perhatian bersama sehingga tidak semakin parah.

Baca juga: Tim Pakar Satgas COVID-19: Tetap terapkan PHBS setelah pandemi

Dalam kondisi normal baru sekarang ini, masyarakat boleh melakukan berbagai aktivitas di luar rumah dengan menerapkan PHBS dan protokol kesehatan secara disiplin.

Untuk meningkatkan PHBS dan mendisiplinkan masyarakat menerapkan protokol kesehatan antisipasi COVID-19, pihaknya berupaya menurunkan petugas kesehatan ke kawasan permukiman penduduk untuk mengedukasi masyarakat.

Masyarakat yang tersebar di 18 kecamatan dalam kota setempat harus memperhatikan indikator PHBS dan protokol kesehatan seperti mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun, mengonsumsi sayur dan buah harian, serta melakukan olahraga, menggunakan masker, serta menjaga jarak fisik.

Melalui upaya tersebut dapat mendukung Gerakan Indonesia Sehat serta bagian dari strategi untuk mengurangi beban negara dan masyarakat dalam pembiayaan kesehatan, kata dia.

Baca juga: Dokter: PHBS harus dimulai sejak dini
Baca juga: Kemensos minta komunitas binaan LKS gerakkan PHBS di masa normal baru

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020