Start Tour de France di Kopenhagen diundur dari 2021 ke 2022

id Tour de France,balap sepeda

Foto ilustrasi - Pembalap tim Sunweb memimpin di depan pada Tour de France 18 Juli 2019. ANTARA/REUTERS/Gonzalo Fuentes/pri. (REUTERS/GONZALO FUENTES)

Jakarta (ANTARA) - Rencana Tour de France melakukan start di Kopenhagen, Denmark pada 2021 dipastikan diundur ke 2022, demikian disampaikan Wali Kota Kopenhagen, Senin.

Keputusan penundaan dinilai merupakan opsi terbaik karena apabila memaksa digelar tahun depan maka akan berbenturan dengan Olimpiade Tokyo yang bakal berlangsung pada 23 Juli-8 Agustus.

Agenda Tour de France yang semula dilaksanakan pada 2-25 Juli 2021 juga bakal bentrok dengan kejuaraan sepak bola Eropa, di mana Kopenhagen menjadi salah satu tuan rumah kompetisi sepak bola Eropa yang berlangsung 11 Juni-11 Juli 2021.

Baca juga: Tour de France 2021 dimajukan biar tidak bentrok dengan Olimpiade

“Saya lega kami bisa mengawali tur di Denmark pada 2022. Kami sebetulnya berharap agar bisa menggelar tahun depan, sayangnya kami harus menunggu lebih lama,” kata Wali Kota Kopenhagen, Frank Jensen, seperti dikutip AFP, Senin.

Amaury Sport Organisation sebagai panitia penyelenggara pun sepakat untuk menggelar tiga etape pembuka Tour de France di Kopenhagen pada 1-3 Juli 2022.

Namun panitia belum mengetahui terkait perubahan rute yang sudah direncanakan pada ajang balapan tahun depan, tetapi mereka sudah mulai melakukan pembicaraan dengan perwakilan delapan kota yang akan dilintasi selama lomba.

“Kami mendapatkan dukungan penuh untuk penundaan lomba dari lima kota di Denmark serta kota-kota yang akan mengawali etape,” demikian pernyataan penyelenggara.

Baca juga: Sejumlah balapan akan digelar sebagai pemanasan Tour de France
Baca juga: Kopenhagen tetap selenggarakan Euro 2020 walau bentrok Tour de France


Pewarta : Shofi Ayudiana
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar