Wali Kota Bekasi: Hentikan aktivitas saat detik-detik HUT RI

id Surat Edaran Mendagri,Surat Edaran Wali Kota,Wali Kota Bekasi,Hentikan aktivitas saat detik-detik,HUT RI ke-75,Proklamasi kemerdekaan

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

Bekasi (ANTARA) - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi meminta warganya untuk menghentikan aktivitas selama tiga menit saat upacara peringatan detik-detik Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 pada 17 Agustus 2020.

Warga Kota Bekasi diminta menghentikan sejenak aktivitas selama tiga menit dimulai pukul 10.17 hingga 10.20 WIB.

"Ini sebagai penghormatan kita atas jasa-jasa para pahlawan dan juga rasa syukur atas kemerdekaan ini," kata Rahmat di Bekasi, Selasa.

Rahmat mengatakan saat menghentikan aktivitas, warga diminta menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengikuti jalannya upacara bendera melalui media televisi.

"Pengecualian penghentian aktivitas sejenak berlaku bagi warga dengan aktivitas yang berpotensi membahayakan diri sendiri dan orang lain apabila dihentikan," ujarnya.

Kebijakan itu dituangkan dalam Surat Edaran Wali Kota Bekasi Tentang Pelaksanaan Kegiatan HUT RI Ke-75 dalam Situasi Pandemi COVID-19 di Kota Bekasi, Nomor 003.1/4739/SETDA.Kessos.

Surat edaran ini menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor: B-492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020 tanggal 6 Juli 2020 Tentang Pedoman Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 Tahun 2020.

Baca juga: Siswi Tulungagung terpilih lagi jadi anggota Paskibraka Istana Negara

Baca juga: Tetap merdeka meski ada virus corona

Baca juga: Sambut HUT RI, Satgas Pamtas pasang bendera di perbatasan


Surat Edaran ditujukan kepada kepala organisasi perangkat daerah Kota Bekasi, camat dan lurah se-Kota Bekasi, direktur/pimpinan perkantoran/badan usaha di Kota Bekasi, ketua organisasi se-Kota Bekasi dan warga masyarakat Kota Bekasi.

Ada lima poin pokok dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI ke-75 di Kota Bekasi di antaranya mengibarkan bendera merah putih dan umbul-umbul di halaman tiap-tiap lingkungan perkantoran, badan usaha, organisasi dan masyarakat mulai 1-31 Agustus 2020.

Kemudian tema dan logo peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 Tahun 2020 adalah Indonesia Maju. Panduan penggunaan identitas visual dapat diunduh pada situs web resmi Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (www.setneg.go.id).

Ketiga adalah kegiatan upacara di tingkat Kota Bekasi dilaksanakan pada Senin 17 Agustus 2020 pukul 07.00 WIB di Lapangan Alun-Alun Kota Bekasi dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat dan aman dari penularan COVID-19.

Pada 17 Agustus 2020 pukul 10.17 sampai 10.20 WIB atau selama tiga menit segenap warga Kota Bekasi wajib menghentikan aktivitasnya sejenak dengan cara masyarakat berdiri tegap saat pengumandangan lagu Indonesia Raya secara serentak di seluruh wilayah Kota Bekasi.

Lalu Petugas Dinas Pemadam Kebakaran agar membunyikan sirine di beberapa titik strategis wilayah Kota Bekasi pada saat jam tersebut. Rumah ibadah dapat membunyikan pengeras suara, lonceng, atau suara penanda lainnya sesaat sebelum lagu Indonesia Raya berkumandang.

Pengecualian penghentian aktivitas sejenak berlaku bagi warga dengan aktivitas yang berpotensi membahayakan diri sendiri dan orang lain apabila dihentikan. Jajaran TNI dan Polri di wilayah Kota Bekasi agar membantu keberhasilan pelaksanaan kegiatan tersebut.

Poin terakhir adalah para camat dan lurah agar mendorong seluruh komponen yang ada di wilayah untuk menyukseskan pelaksanaan kegiatan Peringatan HUT RI Ke-75 di Kota Bekasi Tahun 2020.

Baca juga: Sambut HUT kemerdekaan RI, Forkopimda Bogor kibarkan bendera raksasa

Baca juga: Perlombaan secara virtual jelang HUT RI digelar Bupati Bogor

 

Pewarta : Pradita Kurniawan Syah
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar