Pandemi COVID-19, rajinlah cuci "riding gears"

id riders,berkendara motor,tips berkendara,forwot

Ilustrasi persiapan berkendara (ANTARA/HO/AHM)

Jakarta (ANTARA) - Berkendara di tengah adanya wabah virus corona, membuat para riders harus lebih ekstra untuk memperhatikan peralatan berkendara mereka atau yang biasa disebut dengan riding gears.

Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor, Johannes Lucky mengungkapkan bahwa di tengah pandemi ini, para riders harus lebih rajin untuk membersihkan riding gears yang mereka gunakan setiap harinya.

"Riding gears harus lebih sering dicuci, karena kita pakai seharian bahkan lebih sering. Motor juga harus lebih sering dicuci meskipun badan kita sudah capek motor harus dicuci untuk menghindari penularan virus tersebut. Bersihkan semuanya dulu baru ketemu keluarga," kata Johannes Lucky dalam sebuah konferensi video yang diselenggarakan oleh Forum Watawan Otomotif (FORWOT), Sealas.

Perihal yang harus diperhatikan sebelum memulai aktivitas dengan menggunakan motor adalah seorang pengendara atau riders harus memastikan bahwa kondisi badan dalam keadaan fit, jangan pernah memaksakan untuk berkendara dengan kondisi yang sedang tidak fit saat musim pandemi seperti saat ini.

"Mengecek suhu tubuh sebelum berkendara, pastikan kalau kondisi kita sedang dalam kondisi yang prima tidak ada gejala-gejala yang ada COVID-nya," kata dia.

Setelah memastikan kondisi tubuh dalam keadaan prima. Kita balik membicarakan riding gears, pada saat situasi seperti saat ini, memang hal yang paling harus diperhatikan adalah riding gears. Karena perlengkapan ini yang langsung berhubungan dengan kondisi luar.

Dalam menyambut era kenormalan baru, pengendara motor harus memiliki peralatan tambahan yang menjadi wajib hukumnya untuk di bawa, seperti masker dan juga perlengkapan pribadi yang lainnya.

"Kalau biasanya kita selalu mengajarkan untuk menggunakan perlengkapan yang lengkap, sekarang riding gear ada tambahan yang perlu kita bawa semisal masker, dan ini adalah salah satu riding gear yang harus kita bawa untuk kondisi seperti ini," jelas dia.

"Selain itu, bawa hand sanitizer, membawa tas khusus untuk riding gear, serta membawa alat sholat atau alat makan sendiri pokoknya untuk keperluan pribadi kalau bisa dibawa," tambahnya

Selain itu, dia juga menghimbau pengendara motor untuk selalu menggunakan sarung tangan, jaket dan juga helm full face untuk menutupi bagian tubuhnya agar tidak terpapar langsung dari udara luar.

"Menggunakan helm full face juga berfungsi untuk menjaga keamanan selama berkendara karena struktur yang ada di dalamnya lebih kuat dan lebih melindungi wajah dari udara dari luar," tutur dia.

Baca juga: Forwot serahkan APD untuk RSUD Cengkareng

Baca juga: Begini cara agar aman mengendarai mobil di tengah virus corona

Baca juga: Kemarin, Jakarta banjir hingga tips berkendara saat banjir

Pewarta : Chairul Rohman
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar