Kementerian Pariwisata dorong kebangkitan pariwisata daerah

id kementerian pariwisata,wisata kalteng

Direktur Destinasi Regional II Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Wawan Gunawan menyerahkan bantuan kepada Pokdarwis Desa Pilang Kecamatan Jabiren Raya yang diterima Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo, Selasa (4/8/2020). ANTARA/Adi Waskito

Pulang Pisau (ANTARA) - Direktur Destinasi Regional II Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Wawan Gunawan mengatakan bahwa gerakan kebangkitan destinasi wisata menjadi salah satu upaya mengembangkan kembali potensi pariwisata termasuk di daerah.

“Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif siap memberikan dukungan kepada daerah-daerah yang memiliki komitmen untuk memajukan potensi pariwisata serta menciptakan ruang kreatif kepada masyarakat sehingga dengan adanya destinasi ini masyarakat sekitar bisa sejahtera,” kata Wawan di Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Selasa.

Baca juga: Kemenparekraf gelar Gerakan BISA di sejumlah destinasi di Kepri

Dalam kunjungan kerja pertama ke Desa Pilang Kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau, Wawan menjelaskan Kemenparekraf memberikan pendampingan kepada masyarakat, bagaimana mempersiapkan destinasi wisata di tengah pandemi COVID-19 agar para wisatawan merasa aman dari berbagai kekhawatiran penyebaran COVID-19.

Wawan memberikan apresiasi kepada kabupaten setempat yang mulai membangkitkan destinasi wisata di Desa Pilang yang di dalamnya memiliki wilayah konservasi orangutan.

Pemerintah kabupaten diharapkan bisa berjalan sinergis bersama masyarakat setempat untuk menjadikan desa ini menjadi salah satu desa tujuan wisata.

Baca juga: Gugus DIY : tanggap darurat tidak larang uji coba destinasi wisata

Dalam pengembangan destinasi wisata, terang Wawan, salah satu yang utama dalam membangun "travel system" atau jalur wisata dengan mempertimbangkan setiap jalur wisata memiliki nilai budaya, nilai kreatif, nilai ekonomi, kearifan lokal, hingga memiliki komitmen yang berkelanjutan.

“Sekarang bukan hanya sebatas seremoni saja tetapi juga bagaimana semua memiliki komitmen yang sama dan berkelanjutan sehingga bisa mendorong tumbuhnya ekonomi kreatif dari masyarakat setempat,” jelas Wawan.

Dia juga meminta dalam pengembangan destinasi wisata semua harus bergerak. Setiap pejabat daerah dan masyarakat adalah pelaku dan pemandu wisata, dan orang yang datang ke destinasi wisatawan adalah wisatawan selaku promotor yang ikut dalam mempromosikan pariwisata setempat.

Baca juga: Destinasi wisata di Sleman mulai berbenah menuju normal baru

Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mendukung reborn destinasi wisata di Desa Pilang Kecamatan Jabiren Raya.

Dikatakan Edy Pratowo, selama pandemi COVID-19 harus diakui sektor pariwisata lesu dan diharapkan dengan adanya pendampingan dari Kementerian Pariwisata bisa bangkit karena kabupaten setempat banyak memiliki potensi wisata.

“Sektor pariwisata memiliki nilai yang luar biasa jika dikelola dengan baik dengan menggerakkan semua sumber daya yang ada,” ucap Edy Pratowo.

Dalam kunjungan Direktur Destinasi Regional II Kemenparekraf Wawan Gunawan di Desa Pilang, selain memancangkan tiang Sapta Pesona diserahkan juga bantuan alat pendukung kegiatan "Rebound" kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang diterima Bupati Pulang Pisau.

Rombongan unsur pemerintah, Forkopimda, DPRD bersama DAD, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan para pelaku wisata, juga meninjau lokasi Balai Adat Basarah di Desa Pilang dan melihat dari dekat kerajinan anyaman rotan.

Baca juga: Pengelola diajak tata ulang destinasi wisata saat pandemi

Pewarta : Kasriadi/Adi Waskito
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar