Sebulan beroperasi kembali, KA Bandara angkut 18.786 penumpang

id KA Bandara,Railink,protokol kesehatan,pandemi COVID-19

Sebulan beroperasi kembali, KA Bandara angkut 18.786 penumpang

Pramugari mengenakan masker dan pelindung wajah saat memberikan imbauan protokol kesehatan kepada penumpang di KA Bandara Soetta, Jakarta, Rabu (1/7/2020). Kereta Api Bandara Internasional Soekarno-Hatta kembali beroperasi pada Rabu (1/7) dengan menerapkan sejumlah prosedur protokol kesehatan pencegahan COVID-19 yang harus dipatuhi bagi para calon penumpang, pendamping atau pengunjung KA Bandara. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Kereta Bandara Internasional Soekarno-Hatta mengangkut sebanyak 18.786 penumpang selama Juli 2020 atau sebulan beroperasi setelah dihentikan sementara akibat pandemi COVID-19.

“Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta sudah beroperasi kembali secara bertahap dan berangsur-angsur mengalami peningkatan jumlah penumpang sejak hari pertama beroperasi hingga saat ini,” kata Pelaksana Tugas Direktur Utama PT Railink Mukti Jauhari dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Railink mulai hari ini lakukan penyesuaian jadwal KA Bandara

Mukti menyebutkan total volume penumpang selama Juli yaitu 18.786 orang dengan prosentase kenaikan volume penumpang pada minggu pertama operasional di bulan Juli dibandingkan dengan satu minggu terakhir ini adalah sebesar 93 persen.

“Peningkatan volume penumpang ini didukung dengan kegiatan ‘safe travel campaign’ yang dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan PT Angkasa Pura II dan kami juga secara konsisten melaksanakan protokol kesehatan baik bagi penumpang maupun seluruh petugas frontliner dan fasilitas KA Bandara. Hal ini yang membuat masyarakat memiliki kepercayaan dan kenyamanan dalam menggunakan moda transportasi KA Bandara Railink seperti yang disampaikan oleh beberapa penumpang melalui sosial media kami,” katanya.

Penerapan protokol kesehatan berupa penyemprotan cairan disinfektan secara berkala, penempatan wastafel, penyanitasi tangan, menyediakan sabun cuci tangan di dalam toilet KA Bandara serta fasilitas terbaru berupa pemasangan sekat pembatas antar kursi kereta dengan tujuan untuk mengurangi potensi penyebaran virus Corona Disease (Covid-19).

Baca juga: KA Bandara Medan mulai beroperasi kembali 1 Agustus

Selain itu, untuk mengurangi kontak fisik, antrean di stasiun dan waktu tunggu di masa pandemic COVID-19, PT Railink saat ini sedang mengembangkan sistem “tap n go”.

Mukti mengatakan sistem “tap n go” ini bertujuan mempercepat arus penumpang dan mengurangi resiko penularan.

Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta dalam satu hari melayani 48 perjalanan dengan tujuan akhir Stasiun Manggarai – Stasiun Bandara Soekarno-Hatta dan sebaliknya.

Baca juga: KA Bandara Soekarno-Hatta batasi kapasitas penumpang 70 persen

Untuk mendapatkan informasi terbaru tentang jadwal, protokol dan panduan tatanan normal baru Kereta Api Bandara Railink, masyarakat dapat melakukan scan barcode yang tersedia di meja informasi semua Stasiun KA Bandara Railink atau kunjungi bit.ly/panduanrailink.

“Kami informasikan juga bahwa selama bulan Agustus ini kami memberikan harga spesial tiket Kereta Api Bandara mulai dari Rp10.000 dan dapat dibeli di seluruh kanal penjualan tiket baik itu online maupun secara offline di masing- masing stasiun, “ kata Mukti.


Pewarta : Juwita Trisna Rahayu
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar