Gubernur Jabar sebut sektor pertanian paling tangguh terhadap COVID-19

id Jawa Barat,sektor pertanian

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat memberikan keterangan kepada awak media. ANTARA/Khaerul Izan

Cirebon (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil mengatakan sektor ekonomi di Jabar yang paling tangguh terhadap COVID-19 yaitu sektor pertanian, terutama dengan menggunakan sistem industri teknologi 4.0.

"Sektor ekonomi, pertanian itu paling tangguh terhadap COVID-19," kata Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil kepada wartawan di Cirebon, Rabu.

Untuk itu, kata Kang Emil, pihaknya mengutarakan harapannya agar Cirebon bisa terus menciptakan pertanian yang menggunakan sistem industri teknologi 4.0, agar bisa terus bersaing dan tahan terhadap gejolak ekonomi yang disebabkan wabah COVID-19.

Gubernur Jabar itu menyatakan bahwa selama masa pandemi COVID-19 hampir semua sektor ekonomi mengalami kemerosotan, namun tidak berlaku bagi pertanian yang menggunakan teknologi 4.0.

"Kabupaten Cirebon harus fokus kepada pertanian, karena ternyata pertanian ini yang paling tangguh selama masa pandemi," ujarnya.
Baca juga: Anggota DPR inginkan pelaku usaha pertanian prioritaskan tenaga lokal

Sistem pertanian 4.0, masih menurut dia, adalah sistem pertanian yang menggunakan teknologi seperti halnya yang dicontohkan di Kabupaten Indramayu, di mana mereka menggunakan aplikasi untuk memberi makan ikan.

Selain itu juga di Sukabumi, lanjutnya, para nelayan sudah menggunakan aplikasi yang mendukung, sehingga ketika mau menangkap ikan langsung tepat sasaran. Begitu juga petaninya di mana ketika menyemprot sudah menggunakan kapal tanpa awak.

"Ada juga di Bandung, di mana petaninya jual beli langsung online (daring), jadi tidak melalui tengkulak lagi," kata Gubernur Jabar.

Baca juga: Pandemi, Wakil Ketua DPR ingin pemerintah fokus sektor pertanian
Baca juga: Muhaimin: Perkuat sektor pertanian senjata hadapi krisis ekonomi

Pewarta : Khaerul Izan
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar