Rayakan HUT RI ke-75, pemerintah gelar lomba video hingga podcast

id hut ri,hut kemerdekaan ri,kominfo,kemenparekraf,lomba 17an

Sekjen Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastut. (ANTARA/Arindra Meodia)

Jakarta (ANTARA) - Adanya pandemi COVID-19 bukan penghalang untuk merayakan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia ke-75.

Pemerintah, melalui sejumlah kementerian termasuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian BUMN, hingga Kementerian Komunikasi dan Informatika, akan menggelar beberapa lomba menarik untuk memperingati hari jadi Indonesia.

Baca juga: Istana : Sirine berbunyi di seluruh RI saat peringatan kemerdekaan

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, Rosarita Niken Widiastuti, mengatakan, akan ada sejumlah lomba yang bisa dilaksanakan secara jarak jauh, seperti pembuatan video kreatif, hingga podcast.

"Selain lomba video, ada juga lomba podcast dengan tema 'Cerita Kemerdekaan', yang menceritakan selama masa pandemi ini apa usaha mereka (masyarakat, generasi muda) untuk mengisi kemerdekaan, dan ide-ide kreatif apa untuk bangkit dari situasi sekarang ini," kata Niken melalui siaran virtual, Kamis.

"Dengan tema besar 'Bangkit untuk Indonesia Maju' ini diharapkan bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat, agar tidak pesimis, namun bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat lainnya," ujarnya menambahkan.

Kementerian Kominfo, lanjut Niken, juga akan berperan sebagai pihak yang mempublikasikan dan menyebarkan informasi serta sosialisasi agar perayaan HUT RI ke-75 tahun yang berbeda ini dapat dinikmati oleh seluruh kalangan.

"Setelah pidato kenegaraan, upacara, dan rangkaian kegiatan ini, Kominfo akan mensosialisasikan, menggerakan awareness masyarakat akan HUT Kemerdekaan di tengah pandemi ini, dan diharapkan ada engagement antar masyarakat dan ikut berpartisipasi," ujarnya.

Lebih lanjut, Sekretaris Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Wayan Giri Adnyani menambahkan, untuk lomba video sendiri ,masyarakat bisa mengirimkan video berdurasi 3 menit dengan tema "Cinta Tanah Air."

Di dalam video tersebut, kreator memperlihatkan bendera merah putih dan berdiri tegap sikap sempurna saat lagu "Indonesia Raya" dinyanyikan. Ia berharap, masyarakat, khususnya anak muda dapat bergabung dalam kontes ini.

"Hadiahnya total nilainya Rp1 miliar. Tapi nanti ada beberapa hadiah. Jadi kami ajak seluruh masyarakat di Indonesia, mungkin akan sangat cocok dengan anak muda," kata Adnyani.

Video lomba tersebut bisa diunggah di laman kemenparekraf.go.id, hutri71.kemenparekraf.go.id, dan layanan lainnya seperti YouTube, Instagram, serta Facebok, dengan tagar #bangkituntukindonesiamaju.

"Nanti kami akan menilai, para juri akan menilai video tersebut. Silahkan juga pada saat mengirim link itu dijelaskan sekitar 100 karakter tentang apa dan makna dari video yang dikirimkan," papar Adnyani.

Baca juga: Istana adakan lomba tebak busana adat Presiden-Ibu Negara saat HUT RI

Baca juga: Pemerintah adakan lomba HUT kemerdekaan berhadiah total Rp1 miliar

Baca juga: Kemenkominfo: Meriahkan HUT Ke-75 RI dengan taat protokol kesehatan

Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar