Ilham Habibie: Peluang kluster industri dirgantara Kertajati realistis

id ilham habibie,industri dirgantara,kertajati

Bangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aa

Jakarta (ANTARA) - Komisaris Utama PT Regio Aviasi Industri Ilham Akbar Habibie menilai peluang Bandara Internasional Jawa Barat atau BIJB Kertajati untuk menjadi salah satu kluster industri dirgantara Indonesia realistis.

"Saya kira peluang untuk Bandara Kertajati untuk menjadi salah satu kluster industri dirgantara di Indonesia ada dan realistis," ujar Ilham dalam diskusi daring The Habibie Center di Jakarta, Jumat.

Menurut Ilham, terdapat logika yang sangat kuat di mana Jabar merupakan salah satu provinsi yang terkuat di Indonesia dengan industri terutama dengan indutri teknologi dan akademik sehingga semua itu dinilai pas bagi Kertajati untuk menjadi kluster industri dirgantara.

Selain itu Komisaris Utama Regio Aviasi Industri tersebut juga menyampaikan bahwa beberapa hari yang lalu pihaknya berjumpa dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan beliau menyampaikan serta menegaskan komitmennya kembali bahwa provinsi Jabar untuk mengembangkan aerospace park di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

"Pemda Jabar sudah memiliki lahan. Saya kira visi bapak Ridwan Kamil dengan adanya Kertajati yang memiliki landasan relatif panjang dan kapasitas yang masih banyak tersedia bisa saja menjadi salah satu kluster atau pusat industri dirgantara di Indonesia," katanya.

Untuk mewujudkan kluster industri dirgantara di Kertajati maka tantangan yang perlu dihadapi adalah lahan, karena untuk industri pesawat terbang memang harus dekat dengan landasan di mana terkait lahan tersebut tidak berada di tangan pemerintah daerah melainkan masyarakat.

"Nah ini kendalanya dan itu kita tegaskan kembali kita sebagai swasta tidak mampu untuk membebaskan (lahan) tersebut dan oleh karena itu kita sangat tergantung dengan adanya kerjasama bersama pemerintah daerah," kata Ilham.

Saat ini memang harus diakui bahwasanya penerbangan yang ada dari Bandara Kertajati ke destinasi-destinasi lainnya belum banyak, tapi tentu itu akan berubah di masa mendatang.

Ilham mengatakan bahwa memang masih banyak lahan yang tersedia di sekitar bandara tersebut, lokasinya juga strategis dekat dengan jalan tol, kemudian kedekatan lokasi bandara dengan Pelabuhan Patimban yang akan dibangun sebagaimana ditekankan oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

"Memang ini adalah hal yang sudah lama kita bicarakan dengan Pemda Jabar dan memang ini tidak mudah, tetapi saya katakan ini jangka panjang," ujarnya.

Baca juga: Bandara Kertajati gelar tender pembangunan hotel dan ruang pertemuan
Baca juga: Percepat akses Kertajati, Jokowi tagih penyelesaian tol Cisumdawu

Pewarta : Aji Cakti
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar