Kemarin, wisatawan terseret ombak hingga boleh sekolah tatap muka

id Wisatawan Terseret Ombak,Pantai Goa Cemara,Pasien COVID-19,Protokol Kesehatan,Mobil Bung Hatta,Cagar Budaya,Kabupaten Bangka Barat,Sekolah Tatap Muka

Tim SAR gabungan melakukan penyisiran di sepanjang pantai Goa Cemara, Sanden, Bantul, DI Yogyakarta, Kamis (6/8/2020) untuk menemukan lima dari tujuh wisatawan yang terseret ombak saat bermain di pantai. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/nz.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora menjadi perhatian banyak pembaca kemarin mulai dari tujuh wisatawan di Pantai Goa Cemara, Bantul terseret ombak hingga sekolah tatap muka diperbolehkan di 163 kabupaten/kota zona kuning.

1. Tujuh wisatawan terseret ombak di Pantai Goa Cemara Bantul

Tujuh orang wisatawan Pantai Goa Cemara, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, digulung ombak besar saat tengah bermain bola di pinggir pantai, Kamis (6/8).

Dua orang meninggal dunia, sementara lima lainnya hilang dan masih dalam pencarian
 
2. Pasien COVID-19 harus diawasi ketat untuk cegah penularan

Pakar epidemiologi Universitas Indonesia Tri Yunis Miko Wahyono mengingatkan pasien positif COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah harus diawasi secara ketat dalam menerapkan protokol kesehatan agar tidak menjadi sumber penularan baru.

"Pasien positif COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri ini harus benar-benar diawasi, harus diam di rumah. Kalau mereka butuh bantuan, diberi bantuan," katanya saat bertemu Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bogor Dedie A Rachim di Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (6/8).

3. Mobil operasional Bung Hatta diusulkan sebagai cagar budaya

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengusulkan mobil merk Ford Deluxe 8 dengan nomor polisi BN10 yang pernah menjadi kendaraan operasional Mohammad Hatta saat diasingkan Pemerintah Kolonial Belanda di Pulau Bangka dimasukkan sebagai benda cagar budaya.

"Kendaraan yang saat ini berada di dalam Pesanggrahan Menumbing Mentok itu memiliki arti penting bagi sejarah dan layak untuk dijadikan benda cagar budaya," kata Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat, Bambang Haryo Suseno di Mentok, Jumat (7/8).

4. 163 kabupaten/kota zona kuning boleh sekolah tatap muka

Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengatakan 163 kabupaten/kota yang masuk dalam kategori zona kuning COVID-19 diperbolehkan melaksanakan kegiatan belajar mengajar tatap muka secara langsung di sekolah.

"Kalau dilihat pada peta zona per 2 Agustus, ada 163 wilayah zona kuning yang kiranya bisa melakukan pembelajaran tatap muka sesuai kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," kata Doni Monardo dalam konferensi pers secara virtual yang dilakukan di Jakarta, Jumat (7/8).

5. Positif COVID-19 menjadi 121.226 kasus dengan 77.557 sembuh

Data yang dikumpulkan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menunjukkan hingga Jumat (7/8) pukul 12.00 WIB terdapat penambahan 2.473 kasus baru dan 1.912 orang sembuh sehingga total mencapai 121.226 kasus dan 77.557 orang sembuh.

Sementara itu, terdapat 72 kematian baru sehingga total 5.593 orang dinyatakan meninggal akibat COVID-19.

Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar