Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah tangkapan layar berita media daring beredar di media sosial Facebook dan menjadi "buah bibir" warganet pada awal Agustus.

Tangkapan layar itu seakan-akan merupakan tangkapan layar dari media kompas.com itu. Di dalanya, terdapat berita berjudul "Pidato Lengkap Jokowi, Negara Kita Tidak Pernah Berutang, Hanya Melakukan Pinjaman Luar Negeri".

Berita itu mempunyai tanggal terbit Selasa, 31 Maret 2020 pukul 16.27 WIB.

Salah satu pengguna akun Facebook memberikan komentar: "tolong di jelasken ini maksudnya apa ya saudara2".

Lalu benarkah Presiden Joko Widodo pernah berpidato bahwa Indonesia tidak pernah berutang dan hanya melakukan pinjaman luar negeri?

Demikian pula, apakah kompas.com juga memuat berita demikian?
 
Tangkapan layar berita media daring yang telah disunting ulang sehingga menjadi informasi hoaks. (Facebook)


Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA, judul dari berita kompas.com tersebut telah dimanipulasi. Pada tanggal dan jam sesuai dengan tangkapan layar yang tersebar di media sosial, judul berita kompas.com adalah "Pidato Lengkap Jokowi, dari PSBB, Listrik Gratis, hingga Keringanan Kredit".

Dalam berita itu, Presiden Joko Widodo disebutkan telah melakukan langkah-langkah awal agar Indonesia siap menghadapi pandemi COVID-19.

Pemerintah, pada akhir Maret 2020, telah memutuskan untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), menggratiskan tarif listrik, dan memberikan keringanan kredit bagi dunia usaha mikro, kecil dan menengah.  

Klaim: Jokowi berpidato "Negara Kita Tidak Pernah Berutang, Hanya Melakukan Pinjaman Luar Negeri"?
Rating: Salah/Disinformasi

Baca juga: Utang luar negeri Indonesia 404,7 miliar dolar AS pada Mei 2020

Baca juga: Luhut ungkap komentar IMF soal rasio utang RI akan 38 persen

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2020