Bengkulu (ANTARA News) - Gubernur Bengkulu Agusrin M Najamuddin berjanji akan memberi hadiah berangkat umroh bila kontingen Provinsi Bengkulu meraih juara umum pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional ke-23 di daerah itu pada Juni 2010.

"Saya berjanji akan memberi hadiah berangkat umroh bagi seluruh kafilah Provinsi Bengkulu berapa orang pun jumlahnya jika bisa merebut juara umum pada MTQN ke 23 nanti," kata Agusrin ketika membuka MTQ tingkat Provinsi Bengkulu ke-29 di Mesjid Raya Baitul Izzah Padang Harapan Bengkulu, Minggu malam.

Sedangkan untuk MTQ Provinsi Bengkulu ke-29 tahun 2009 ini para juara juga akan mendapatkan hadiah dari gubernur yaitu untuk juara I dari 19 putra dan 19 putri masing-masing senilai Rp2,5 juta, juara II masing-masing dari 19 putra dan 19 putri senilai Rp2 juta dan juara III masing-masing Rp1,5 juta.

Hadiah tersebut juga ditambah dari para bupati dan wali kota masing-masing.

"Saya yang juga merangkap sebagai pelaksana tugas Bupati Bengkulu Selatan akan menambah lagi hadiah bagi juara I sebesar Rp5 juta, juara II dan III masing-masing Rp3 juta dan Rp2 juta," katanya, itu memotivasi para peserta.

Untuk Kabupaten Bengkulu Tengah yang penjabat bupati (caretaker) diwajibkan memberi hadiah tambahan kepada para juara dari kabupaten Bengkulu Tengah (Beteng).

Hal itu untuk memberi semangat agar mereka peserta termotivasi untuk berjuang habis-habisan, kata gubernur.

"Untuk kabupaten/kota yang lain ditekankan agar semua memberi hadiah. Kalau tidak maka APBD nya saya coret," katanya serius.

Sementara itu, Ketua Umum Panitia MTQ Provinsi Bengkulu ke-29 Hamsir Lair diwakili Wakil Ketua H Asnawi A Lamat melaporkan MTQ Provinsi Bengkulu akan menampilkan cabang tilawah, hifzil, fahmil, syarhil, khattil dan M2KQ.

Peserta berjumlah 360 orang dengan rincian cabang tilawah 120 orang, hifzil 100 orang, fahmil 30 orang, syarhil 30 orang, khattil 60 orang dan musabaqah menulis kandungan Al Quran (M2KQ) 20 orang.

Untuk tilawah meliputi golongan anak-anak, golongan remaja, golongan dewasa, golongan tartil dan golongan cacat netra. Untuk hifzil meliputi satu juz, lima juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz masing-masing putra dan putri.

Cabang fahmil masing-masing satu regu dengan anggota tiga orang setiap regu. Syarhil juga satu regu dengan anggota tiga orang setiap regu.

Sedangkan untuk khattil meliputi naskah Al Quran, hiasan mushaf dan dekorasi Al Quran.

Dalam pembukaan MTQ Provinsi Bengkulu ke-29 juga dilakukan pelantikan 41 dewan hakim seluruh cabang dan golongan lomba dengan pembacaan ikrar dewan hakim dipimpin H Rusli M Daud.

Hingga larut malam usai pembukaan MTQ ditampilkan pagelaran kesenian tradisional bernuansa Islami dari utusan 10 kabupaten/kota.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009