Jakarta (ANTARA) - Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Prof Mohammad Nasih menyatakan bahwa 167.653 peserta lolos ujian tulis berbasis komputer untuk seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) tahun 2020.

"Jumlah peserta yang dinyatakan lulus seleksi pada 85 PTN (perguruan tinggi negeri) se-Indonesia sebanyak 167.653 orang," katanya dalam telekonferensi di Jakarta, Jumat.

Nasih memerinci peserta yang lolos SBMPTN terdiri atas 44.554 orang peserta pemilik nomor pendaftaran program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dan 123.099 orang bukan peserta KIP Kuliah.

Ia meminta peserta yang lolos seleksi SBMPTN memperhatikan prosedur pendaftaran ulang di perguruan tinggi negeri pilihan mereka.

Kepada peserta yang tahun ini tidak lolos seleksi, Nasih meminta mereka tidak bersedih karena masih ada jalur seleksi mandiri untuk masuk ke perguruan tinggi negeri.

"Peserta yang tidak lulus itu sesungguhnya bukan tidak pintar karena selisihnya sangat kecil dan kuotanya terbatas," katanya.

Tahun ini ada 702.420 orang yang mendaftar untuk mengikuti ujian tulis berbasis komputer guna mengikuti SBMPTN. Pendaftarnya terdiri atas 546.370 orang pendaftar non-KIP Kuliah dan 156.050 orang pendaftar pemilik nomor KIP Kuliah. Jumlah peserta yang hadir dalam ujian tercatat 662.404 orang atau 92,87 persen dari seluruh pendaftar.

Hasil ujian SBMPTN diumumkan pada 14 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB di laman utama LTMPT (http://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id) serta laman mirror seperti http://sbmptn.ui.ac.id, http://sbmptn.ugm.ac.id, http://sbmptn.undip.ac.id, http://sbmptn.unair.ac.id, http://sbmptn.unsri.ac.id, http://sbmptn.untan.ac.id, http://sbmptn.itb.ac.id, http://sbmptn.its.ac.id, http://sbmptn.ipb.ac.id, http://sbmptn.unand.ac.id, http://sbmptn.unhas.ac.id, dan http://sbmptn.unsyiah.ac.id.

Baca juga:
Peserta yang lolos SBMPTN diminta mencermati informasi dari PTN
LTMPT umumkan hasil SBMPTN pada 14 Agustus

Pewarta: Indriani
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2020