Wali Kota Depok: Perjuangan saat ini lalui pandemi COVId-19

id pemkot depok,HUT RI depok,balaikota depok,wali kota depok

Wali Kota Depok Mohammad Idris. (ANTARA/Humas Pemkot Depok)

Depok (ANTARA) - Wali Kota Depok Mohammad Idris menyatakan tantangan terbesar saat ini berbeda dengan tantangan jaman penjajahan dahulu karena saat ini adalah perjuangan bagaimana agar dapat melewati tantangan pandemi COVID-19 dengan fokus penanganan kesehatan warga.

"Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memaknai Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dengan fokus menangani kesehatan di tengah pandemi Coronavirus atau COVID-19. Tidak hanya itu, Pemkot Depok juga berupaya memulihkan ekonomi, baik jangka pendek maupun jangka panjang," kata Idris dalam sambutannya Upacara HUT ke-75 RI di Balaikota Depok, Senin.

Ia mengatakan di tengah pandemi COVID-19, penanganan kesehatan menjadi prioritas utama untuk memutus mata rantai penularan virus tersebut. Salah satunya dengan berbagai kegiatan, seperti kampanye, sosialisasi secara masif, serta pembagian masker.

"Sejumlah langkah sudah disiapkan untuk pemulihan ekonomi di Kota Depok. Sebab, menurutnya, sektor industri pengolahan serta perdagangan barang dan jasa ikut terdampak akibat pandemi COVID-19," katanya.

Baca juga: Warga Kota Bogor pun turut memberikan hormat saat upacara bendera

Baca juga: Aceh tetap laksanakan upacara HUT ke 75 RI di tengah COVID-19


Menurut dia, sudah 10 tahun terakhir, kedua sektor tersebut berkembang pesat. Namun, saat ini mengalami penurunan 60 hingga 70 persen, akibat sulitnya bahan baku dan permintaan pasar yang rendah.

"Langkah yang sudah disusun antara lain Bantuan Sosial (Bansos) Jaring Pengaman Sosial (JPS) berupa bantuan logistik bagi korban COVID-19, pemulasaraan jenazah COVID-19, insentif bagi tenaga kesehatan. Selain itu, penanaman modal usaha, pemberdayaan perempuan kepala keluarga, Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR) dan lainnya," katanya.

Dikatakannya semua upaya ini demi menjaga daya beli masyarakat dan mengurangi kemiskinan. Melalui, produktivitas industri pengolahan, penataan ruang publik bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), bantuan permodalan dan lainnya. Kami optimistis, pandemi ini bisa segera di atasi dan ekonomi segera pulih.*

Baca juga: PMI: HUT RI momentum persatukan bangsa lawan pandemi COVID-19

Baca juga: Upacara HUT RI di Mataram, petugas dan peserta wajib pakai masker

Pewarta : Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar