Kapolres dan Dandim Jakbar peringati detik proklamasi di Kali Besar

id Peringatan proklamasi, kali besar, kota tua, Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Audie Latuheru,Dandim 0503/JB Kolonel Inf Dadang Ismail

Kapolres dan Dandim Jakbar peringati detik proklamasi di Kali Besar

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Audie Latuheru (tengah) dan Dandim 0503/JB Kolonel Inf Dadang Ismail (kanan) memperingati detik-detik proklamasi dengan berdiri tegap di kawasan Kali Besar Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat, Senin (17/8/2020). ANTARA/Devi Nindy/am.

Jakarta (ANTARA) - Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Audie Latuheru dan Dandim 0503/JB Kolonel Inf Dadang Ismail memperingati detik-detik proklamasi di kawasan Kali Besar Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat, Senin.

Pada pukul 10.17, selama tiga menit kedua pimpinan di Jakarta Barat tersebut berdiri tegap, diiringi sirene yang dibunyikan untuk peringatan proklamasi.

Baca juga: Raisa hingga Tiara Andini meriahkan peringatan detik-detik proklamasi

Warga yang ramai di sekitar kawasan Kali Besar pun mengikuti seruan kedua pimpinan tersebut untuk berdiri tegap selama tiga menit.

Hal itu dilakukan bukan tanpa alasan, melainkan mengajak warga untuk saling membangun rasa nasionalisme, meski memperingati detik-detik proklamasi di masa pandemi COVID-19.

Baca juga: Bamsoet: HUT RI sadarkan Indonesia belum terbebas dari penjajahan

"Dengan cara ini kami mencoba mengajak masyarakat Jakarta Barat untuk benar-benar merdeka dari keadaan apatis terhadap nasionalismenya, sehingga mereka benar-benar bangkit kembali rasa nasionalismenya," kata Audie di Jakarta, Senin.

Audie dan Dadang berkeliling kawasan Kali Besar, dan memberi kuis seputar Pancasila dan kemerdekaan, yang disambut antusias  warga.

Warga yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar, mendapatkan hadiah berupa bingkisan sembako.

Baca juga: 119.175 narapidana terima remisi HUT Ke-75 Republik Indonesia

Dadang menyebut langkah tersebut merupakan salah satu cara mengetahui tolok ukur rasa nasionalisme warga di Jakarta Barat.

"Kita ingin mengetahui sejauh mana pemahaman masyarakat tentang Pancasila, kemudian hari ulang tahun negaranya, dan kita bisa melihat juga sejauh mana rasa nasionalisme, kemudian rasa cinta tanah air, kebanggaan terhadap negaranya," kata Dadang.

 

Pewarta : Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar