aktif membangun infrastruktur telekomunikasi internasional, sehingga bangsa ini dapat lepas dari ketergantungan negara tetangga
Jakarta (ANTARA) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Persero) berkomitmen mewujudkan kedaulatan RI melalui pembangunan infrastruktur telekomunikasi secara masif hingga ke wilayah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T) sehingga seluruh masyarakat memiliki kesempatan yang sama terhadap akses informasi, serta menjadi lokomotif digitalisasi bangsa guna menggerakkan perekonomian digital.

"TelkomGroup juga aktif membangun infrastruktur telekomunikasi internasional, sehingga bangsa ini dapat lepas dari ketergantungan negara tetangga, memiliki kemandirian, dan kedaulatan terhadap akses informasi dan telekomunikasi global, serta mensejajarkan Telkom dengan operator telekomunikasi global dan menjadi operator dominan di kancah regional," kata Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Ririek Adriansyah, dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Dengan kapabilitas yang dimiliki sebagai BUMN telekomunikasi, TelkomGroup menghadirkan konektivitas ke seluruh Indonesia hingga pelosok melalui program Indonesia Digital Network.

Telkom membangun infrastruktur telekomunikasi di darat, laut, dan udara melalui gelaran infrastruktur backbone digital yang menghubungkan Sabang sampai Merauke, pembangunan jaringan akses digital bagi seluruh lapisan masyarakat, serta satelit untuk menjangkau daerah pelosok.

Atas pencapaian TelkomGroup mewujudkan kedaulatan negara melalui layanan telelkomunikasi seluler dan fixed line secara masif di 3T, Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Ririek Adriansyah mendapat anugerah Bintang Jasa Nararya yang diserahkan oleh Presiden Joko Widodo, di Istana Negara, Kamis (13/8).

“Penghargaan ini merupakan kehormatan bagi TelkomGroup. Apresiasi ini menjadi motivasi bagi TelkomGroup untuk terus bergerak maju sebagai lokomotif digitalisasi dan menjadi dedikasi terbaik bagi industri telekomunikasi, bangsa dan negara,” ujar Ririek.

Ia menjelaskan Telkom melalui Telkomsel sampai dengan Mei 2019 telah membangun secara masif layanan seluler melalui pembangunan 11.719 Base Tranceiver Station (BTS) Merah Putih di wilayah 3T yang mencakup 1.792 desa di 284 kabupaten.

Selain itu, layanan fixed broadband IndiHome telah hadir di 496 kota dan melayani lebih dari 7,45 juta pelanggan. IndiHome terus memperluas dan memperkuat jaringannya hingga pulau terluar, terakhir pada September 2019 hadir di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur.

Dengan semangat Telkom menghadirkan pemerataan akses telekomunikasi dan informasi, layanan fixed broadband dan seluler dapat dinikmati mulai dari yang tinggal di kota besar hingga yang berada di kawasan 3T pun dapat merasakan manfaatnya dan memperoleh akses informasi yang sama porsinya.

Dengan landasan ini, TelkomGroup menjadi Global Digital Hub yang mampu menghubungkan Eropa, Asia hingga ke Amerika. TelkomGroup juga melakukan ekspansi bisnis internasional dengan membuka kantor perwakilan di 9 negara guna memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia yang berada di mancanegara.

Tahun 2020, Telkom bertransformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital dengan visi menjadi digital telco pilihan utama untuk memajukan masyarakat, sehingga dapat mewujudkan bangsa Indonesia yang lebih sejahtera dan berdaya saing. Sejalan dengan transformasi ini, perusahaan mencanangkan untuk fokus pada 3 domain bisnis digital, yakni digital connectivity, digital platform, dan digital services.

Bisnis digital membuka banyak peluang yang dalam skala besar dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan bangsa. Dengan digitalisasi diharapkan mampu melakukan lompatan untuk mengejar ketertinggalan dari bangsa lain dengan lebih cepat dan mampu menjangkau masyarakat di berbagai pelosok daerah, baik di sektor pendidikan, kesehatan, layanan keuangan maupun sektor lainnya sehingga membawa Indonesia menjadi lebih maju dan sejahtera.

Telkom terus memperkuat posisinya sebagai market leader pada digital connectivity, mengakselerasi layanan digital platform dan mengembangkan digital service secara selektif. Dengan fokus pada program-program digitalisasi, Telkom siap mendukung Indonesia hadir sebagai negara yang mandiri dengan kedaulatan telekomunikasi serta menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2025.

Baca juga: Telkom percepat pemulihan layanan di STO Pekanbaru
Baca juga: Situs resmi Pemprov Riau lumpuh terdampak kebakaran Gedung Telkom
Baca juga: Telkom Indonesia cetak laba bersih Rp10,99 triliun semester I 2020


Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020