Mulai padat lagi (kendaraan)
Jakarta (ANTARA) - Volume kendaraan di sejumlah ruas jalan umum di Jakarta Timur kembali meningkat usai libur akhir pekan dan perayaan Kemerdekaan RI ke-75 tahun, Selasa pagi.

Pantauan ANTARA, menyebutkan, salah satunya terjadi di ruas Jalan Basuki Rahmat, Kecamatan Jatinegara pada jam berangkat kerja.

Antrean kendaraan roda dua dan roda empat terjadi pada jalur yang mengarah ke sejumlah pusat perkantoran di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.

Rekayasa lalu lintas lawan arah atau "contra flow" tampak diberlakukan pada kendaraan yang melintas di Jalan Tol Dalam Kota arah Jakarta Pusat.

Baca juga: KPBB: Volume kendaraan bermotor hanya turun 39 persen selama PSBB

Pengguna transportasi umum, Gema (32) memilih beralih dari kendaraan pribadi menggunakan TransJakarta sebab telah memprediksi peningkatan volume kendaraan di Jakarta.

"Mulai padat lagi (kendaraan) walaupun pembatasan sosial berskala besar masih berlaku. Lebih pilih angkutan umum biar gak kena macet dan biar cepat sampai aja," katanya.

Polisi lalu lintas mengurai simpul kemacetan di KM1 Cawang Tol Dalam Kota dengan memberlakukan rekayasa lalin "contra flow".

Sebelumnya arus lalu lintas di Jakarta sempat terpantau lengang pada libur akhir pekan maupun perayaan Kemerdekaan RI pada Senin (17/8).

Baca juga: Volume kendaraan di jalanan Ibu Kota dekati masa normal

"Saat ini mereka sudah kembali pada rutinitas hari kerja ke arah Jakarta setelah kemarin libur selama tiga hari. Tapi biasanya hari Jumat menjelang akhir pekan nanti kepadatan terjadi pada arus keluar Jakarta," ujar salah satu polisi lalu lintas di Cawang.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020