Tangani COVID-19, Satgas Bencana Nasional BUMN salurkan bantuan di DIY

id Satgas bencana nasional,Satgas COVID-19 BUMN,PT TWC,Satgas PT TWC,PT TWC Borobudur,PT TWC Prambanan,Pandemi COVID-19

Satgas Bencana Nasional BUMN Korwil DIY saat menyerahkan bantuan Penanganan COVID-19 untuk wilayah DIY yang di terima Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, Selasa (18/8/2020). FOTO ANTARA/HO-Satgas Bencana Nasional BUMN DIY)

Sleman, DIY (ANTARA) - Satgas Bencana Nasional Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Korwil Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang dikoordinasikan PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) telah menyalurkan sejumlah bantuan untuk penanganan COVID-19 di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah (Jateng).

"PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko sejak adanya pandemi COVID-19 berkomitmen untuk berperan dalam penanganan wabah dengan membentuk Satgas Penanganan COVID-19 Internal Perusahaan PT TWC," kata Ketua Satgas COVID-19 PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Emilia Eny Utari di Sleman, Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, dalam penanganannya, PT TWC juga ditunjuk sebagai Koordinator Satgas Bencana Nasional BUMN wilayah DIY oleh Kementerian BUMN.

"Satgas yang terdiri dari 27 perusahaan BUMN ini dibentuk untuk turut menekan angka penyebaran COVID-19 serta juga membantu mengangkat perekonomian warga terdampak," katanya.

Ia mengatakan, berbagai bentuk bantuan kepada masyarakat luas telah dilaksanakan PT TWC bersama dengan Satgas Bencana Nasional BUMN Korwil Yogyakarta yaitu pemberian bantuan berupa sembako dan perlengkapan medis (APD) yang diberikan kepada Sekretariat Forum CSR Kabupaten Klaten, Jateng, RR Riptaloka Kecamatan Prambanan, masyarakat Padukuhan Tirtomartani, Kalasan, masyarakat Padukuhan Mrican, masyarakat Padukuhan Wedomartani dan Pondok Pesantren Al Jadid Fisabilillah yang berada di Kabupaten Sleman, DIY.

"Selain di Provinsi DIY, bantuan juga diberikan kepada masyarakat di lima kabupaten seperti Pati, Blora, Rembang, dan Grobogan, Provinsi Jawa Tengah," katanya.

Emilia mengatakan, selain bantuan dalam bentuk sembako dan APD, Satgas Bencana Nasional BUMN juga memberikan bantuan berupa unit sarana cuci tangan (wastafel) portabel bagi tiga puskesmas di wilayah Sleman, Klaten dan Magelang, Jawa Tengah dan penyerahan dua unit ambulans kepada Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X di halaman kantor Wakil Gubernur DIY beberapa waktu lalu.

"Bantuan ini kemudian didistribusikan kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wates Kulonprogo dan Kantor BPBD DIY yang didesain khusus untuk penanganan COVID-19 di Yogyakarta," katanya.

Ia mengatakan, sinergi yang baik berupa penyerahaan berbagai bantuan kepada warga dan tenaga medis terdampak ini merupakan hasil kolaborasi dan sinergi antar 27 BUMN yang tergabung dalam Satgas Bencana Nasional Korwil DIY.

"Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian serta komitmen BUMN Untuk Indonesia dalam upaya terus memerangi Pandemi COVID-19 di Indonesia," katanya.

Emilia yang juga Sekretaris Perusahaan PT TWC tersebut mengatakan bahwa Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X mengapresiasi kinerja Satgas Bencana Nasional BUMN Korwil Yogyakarta dalam memberikan bantuan pada masa pandemi COVID-19.

"Apresiasi tersebut disampaikannya langsung oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X saat menerima perwakilan Satgas Bencana Nasional BUMN di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta beberapa waktu lalu," demikian Emilia Eny Utari.

Baca juga: Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional miliki 4 tugas

Baca juga: Lima BUMN melepas peserta SMN DIY ke Riau

Baca juga: 91 siswa di DIY ikut seleksi Siswa Mengenal Nusantara 2019

Baca juga: Menteri BUMN borong produk UKM di gerai bandara Yogyakarta

Pewarta : Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar