Ragam panganan nusantara jadi sajian peringatan HUT RI di Islamabad

id HUT RI ke-75,HUT RI di luar negeri,HUT RI di Pakistan

Duta Besar Republik Indonesia untuk Pakistan Iwan Suyudhie Amri (kanan) memotong tumpeng pada peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia di KBRI Islamabad, Pakistan, Senin (17/8/2020). (ANTARA/HO-KBRI Islamabad)

Jakarta (ANTARA) - Ragam panganan nusantara jadi sajian yang dihidangkan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Islamabad untuk warga negara Indonesia di Pakistan saat merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia, Senin (17/8).

Dalam perayaan itu, KBRI Islamabad menyajikan panganan tradisional seperti nasi tumpeng, nasi liwet, sate padang, dan bakso.

"Panganan tradisional khas Indonesia menambah suasana seakan tengah memperingati HUT RI di tanah air," demikian isi siaran tertulis Kedutaan Besar RI Islamabad sebagaimana diterima di Jakarta, Selasa.

Untuk peringatan Hari Kemerdekaan RI tahun ini, KBRI Islamabad menggelar ragam acara virtual bersama warga negara Indonesia di Pakistan, termasuk di antaranya sejumlah santri yang menempuh pendidikan di Madrasah Raiwind, Kota Lahore.

"Mereka (para santri) juga secara kompak mengirimkan video ucapan selamat HUT RI dan mengaku senang dapat berpartisipasi meskipun hanya dengan berbagi ucapan selamat," tulis pihak kedutaan.

Baca juga: KBRI Islamabad dorong kerja sama ekonomi Indonesia-Pakistan
Baca juga: Indonesia kembangkan perdagangan berkesinambungan dengan Pakistan


Tidak hanya itu, warga negara Indonesia di Pakistan juga mengadakan pertemuan virtual dengan Duta Besar RI untuk Pakistan Iwan Suyudhie Amri. Pertemuan itu jadi wadah untuk silaturahmi dan berbagi pengalaman memaknai hari kemerdekaan RI jauh dari tanah air.

Dubes Iwan menyampaikan pihaknya berupaya melibatkan seluruh WNI di Pakistan untuk turut serta dalam peringatan HUT  ke-75 RI. "Para WNI yang menikah dengan warga Pakistan, mahasiswa, pelajar, santri, anak-anak, dan keluarga besar KBRI harus terlibat dalam kesyukuran memperingati hari kemerdekaan ini," kata dia sebagaimana dikutip KBRI Islamabad.

Di samping pertemuan virtual, berbagai perlombaan permainan tradisional dan senam pagi juga diselenggarakan KBRI Islamabad dalam rangkaian peringatan HUT  ke-75 RI di Pakistan.

"Para anak yang telah lama tidak saling bertemu karena kebijakan penguncian (lockdown), terlihat gembira karena dapat mengikuti berbagai perlombaan seperti, mewarnai, lempar dart, mini golf, memasukkan bola ping pong ke dalam gelas, dan puzzle meskipun lokasi permainan dipencar agar tetap berjarak. Bagi para orang tua juga dilakukan senam pagi gerakan Tobelo, Su Sayang, dan Gemu Famire," terang pihak kedutaan.

Bertepatan dengan acara peringatan HUT RI, KBRI Islamabad juga menyelenggarakan syukuran tuntasnya renovasi gedung kantor KBRI di Islamabad yang dibangun sejak 1984.

Dalam kesempatan itu, ia mengingatkan jajaran di KBRI Islamabad untuk menjaga dan merawat kantor perwakilan RI tersebut.

"Ibarat kemerdekaan, merawat lebih sulit dari pada mendapatkan, karena mendapatkan hanya sekali, tetapi merawat harus berkali-kali," sebut Dubes Iwan.

Baca juga: KBRI Islamabad dorong kerja sama ekonomi di tengah pandemi COVID-19
Baca juga: KBRI berikan bantuan logistik pada WNI di Pusat Karantina Pakistan


Pewarta : Genta Tenri Mawangi
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar