Rektor: Batas pendaftaran SMMPTN 22 Agustus

id Unsyiah,rektor,prof ,samsul rizal,smmptn,sbmptn,sptn,empat hari

Rektor: Batas pendaftaran SMMPTN 22 Agustus

Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal (ANTARA)

Banda Aceh (ANTARA) - Rektor Universitas Syiah Kuala Prof Samsul Rizal menyatakan bahwa batas pendaftaran melalui jalur masuk Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Barat akan berakhir pada 22 Agustus 2020 atau empat hari lagi dari batas waktu.

“Kami ingatkan kembali kepada calon mahasiswa baru untuk segera mendaftarkan diri pada jalur terakhir masuk perguruan tinggi yang waktunya tinggal empat hari lagi,” kata Prof Samsul Rizal di Banda Aceh, Selasa.

Rektor Unsyiah yang juga Ketua SMMPTN-Barat 2020 menjelaskan jalur mandiri menjadi alternatif bagi calon mahasiswa yang gagal pada jalur seleksi sebelumnya yaitu SNMPTN dan SBMPTN.

“Kami minta lulusan SMA/sederajat yang ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi negeri dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin, karena ini merupakan jalur penerimaan terakhir,” katanya.

Baca juga: Unsyiah bersama 15 PTN buka penerimaan jalur mandiri

Baca juga: Kemendikbud harapkan SMM PTN-Barat berikan kesempatan siswa masuk PTN


Adapun seleksi jalur mandiri ini berdasarkan hasil ujian tulis dalam bentuk cetak (UTBC) atau kombinasi hasil ujian tulis, dan data portofolio calon mahasiswa yang dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia SMMPTN-BARAT.

Melalui jalur SMMPTN, Unsyiah juga menerima mahasiswa dari jalur prestasi, di mana jalur tersebut dikhususkan bagi peserta yang berhasil meraih prestasi di bidang keagamaan, olahraga, hingga prestasi tingkat nasional.

“Para peserta untuk jalur prestasi wajib mendaftar melalui laman SMMPTN Barat yang informasi lengkapnya dapat dilihat di laman www.unsyiah.ac.id,” kata Rektor.

Untuk informasi lengkap lainnya terkait pendaftaran jalur ini, dapat diakses pada laman www.smmptnbarat.id dan www.pmb.unsyiah.ac.id. Atau dapat menghubungi nomor handphone 08116701962 (ULT Unsyiah) dan 08116752000 (Humas Unsyiah).

Seleksi SMMPTN serentak dilakukan bersama PTN yang tergabung dalam Badan Kerja Sama (BKS) Wilayah Barat. Selain Unsyiah, PTN yang menyelenggarakan SMMPTN adalah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Universitas Bengkulu, Universitas Jambi (Unja), Universitas Lampung.

Selanjutnya, Institut Seni Indonesia Padangpanjang, Universitas Palangkaraya (UPR), Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Universitas Bangka Belitung, Universitas Teuku Umar, Institut Teknologi Sumatera, Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, Universitas Samudera, Universitas Riau, dan Universitas Siliwangi.

Baca juga: 18 perguruan tinggi negeri wilayah barat gelar seleksi masuk mandiri

Baca juga: 15 PTN wilayah barat lakukan seleksi SMMPTN

Pewarta : M Ifdhal
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar