Wakapolri serahkan 200 ribu sembako untuk warga terdampak pandemi

id Gatot eddy pramono,Sembako,Bantuan sosial

Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono (tengah) menyerahkan paket sembako secara simbolis kepada penerima bantuan di halaman Gedung Baharkam Polri, Jakarta, Rabu (19/8/2020). (ANTARA/ Anita Permata Dewi)

Jakarta (ANTARA) - Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono menyerahkan hampir sebanyak 200 ribu paket sembako kepada masyarakat terdampak pandemi COVID-19.

"(Penyerahan bansos) sebagai wujud kepedulian Polri terhadap masyarakat terdampak COVID-19," kata Komjen Gatot di Lapangan Baharkam Mabes Polri, Jakarta, Rabu.

Penyerahan bansos ini dalam rangka memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020.

Bantuan sosial yang diberikan yakni sebanyak 193.683 paket sembako, 1.888.219 kilogram beras, 67.797 set alat pelindung diri (APD), 1.330.502 buah masker dan uang tunai sebesar Rp135.500.000.

Gatot menambahkan sebanyak 15 ribu paket sembako dari Mabes Polri akan disalurkan oleh Polres-polres Polda Metro Jaya kepada penerima serta Staf SDM Polri menyalurkan kepada penerima di wilayah Tangerang, Bekasi, Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

"12 ribu paket sembako dari Mabes Polri (disalurkan) oleh 13 Polres Polda Metro Jaya. Tiga ribu paket sembako (disalurkan) oleh Staf SDM Polri," katanya.

Dana bantuan sosial ini berasal dari sumbangan sukarela para anggota Polri dan tanggung jawab sosial sejumlah perusahaan (CSR).
Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono (kiri) melepas kendaraan pembawa paket sembako di halaman Gedung Baharkam Polri, Jakarta, Rabu (19/8/2020). (ANTARA/ Anita Permata Dewi)


Penyerahan bansos serentak tahap empat ini merupakan instruksi Kapolri Jenderal Pol Idham Azis sebagaimana tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2382/VIII/KEP./2020 tertanggal 14 Agustus 2020 tentang Pelaksanaan Baksos Secara Serentak di Seluruh Wilayah Indonesia Dalam Rangka Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020.

Penerima bansos yakni masyarakat terdampak langsung pandemi COVID-19 yang meliputi fakir miskin, panti asuhan, panti sosial dan kelompok rentan lainnya yang sangat membutuhkan bantuan.

Metode penyalurannya yakni bantuan sosial didistribusikan kepada para penerima yang sudah diverifikasi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Metode distribusinya sudah ditentukan nama dan alamat penerima bantuan kepada komunitas dan kelompok masyarakat yang membutuhkan dengan sistem hunting," tuturnya.

Sebelumnya telah dilaksanakan tiga tahap penyerahan bansos Polri kepada masyarakat terdampak pandemi yakni pada 21 April, 15 Mei dan 26 Juni 2020.

Baca juga: Polri beri 7.300 sembako untuk buruh dan mahasiswa perantauan

Baca juga: Polri salurkan 800 paket sembako untuk purnawirawan-warakawuri TNI AU

Baca juga: Polri bagikan 1.748 paket sembako untuk purnawirawan/warakawuri Polri

Baca juga: Mensos sebut Polri berperan sukseskan penyaluran bansos

Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar