Ungkap bagaimana prosedur dijalankan, seharusnya dalam waktu singkat akan segera diketahui penyebab, dan siapa yang bertanggung jawab atas kecelakaan tersebut
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi V DPR RI Ahmad Syaikhu meminta ambruknya konstruksi pembangunan di Seksi IV Jalan Tol Cibitung-Cilincing di Kelurahan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, pada 16 Agustus 2020 diinvestigasi secara menyeluruh.

"Ini harus segera dilakukan evaluasi. Bentuk tim investigasi," kata Ahmad Syaikhu dalam rilis di Jakarta, Rabu.

Politisi Fraksi PKS itu meminta kepada seluruh pemangku kepentingan agar betul-betul memenuhi Standar Keamanan, Keselamatan, Kesehatan (K3).

Baca juga: Waskita usir jurnalis di lokasi Jalan Tol Cibitung-Cilincing ambruk

Baca juga: Warga sebut proyek konstruksi ambruk baru dikerjakan dua bulan


Selain itu, lanjut dia, berbagai lembaga pemerintahan terkait juga harus benar-benar dapat meningkatkan pengawasan dan segera menginvestigasi peristiwa kecelakaan itu secara cepat dan transparan.

"Ungkap bagaimana prosedur dijalankan, seharusnya dalam waktu singkat akan segera diketahui penyebab, dan siapa yang bertanggung jawab atas kecelakaan tersebut," katanya.

Ia juga meminta agar pemerintah memberikan sanksi kepada penyedia jasa jika terbukti bersalah. Payung hukumnya Pasal 52 dan Pasal 96 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.

Baca juga: Proyek konstruksi Jalan Tol Cibitung-Cilincing Waskita Beton ambruk

Baca juga: Delapan korban luka akibat Jalan Tol Cibitung-Cilincing ambruk


 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020