Denpasar (ANTARA News) - Dunia menaruh harapan kepada Indonesia untuk mampu memelihara dan melestarian keberadaan terumbu karang yang ada di perairan Nusantara.

"Harapan banyak negara di belahan dunia kepada Indonesia untuk melestarikan terumbu karang," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad di Pelabuhan Benoa, serangkaian kunjungan kerjanya di Bali, Sabtu petang.

Ia mengatakan, harapan tersebut disampaikan saat bersama-sama mengikuti pertemuan tentang perubahan iklim yang berlangsung di Kopenhagen, Denmark, pertengahan Desember lalu.

Atas dasar itu Bank Dunia akan membantu Indonesia dalam menjaga dan memelihara kesinambungan terumbu karang yang ada di perairan Indonesia.

"Utusan dari bank dunia itu akan datang ke Indonesia, Minggu (3/1) tiba di Bali dan saya akan menjamunya makan malam," ujar Menteri Fadel Muhammad.

Ia mengatakan, dari Bali baru sama-sama ke Jakarta untuk membicarakan berbagai hal tentang upaya penyelamatan terumbu karang di perairan Indonesia.

Utusan bank dunia itu diharapkan bisa bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau Wakil Presiden Boediono

"Namun kepastian jadual itu baru bisa diketahui Senin (4/1) atau Selasa (5/1)," tutur Menteri Fadel .Muhammad.

Adanya bantuan dari bank dunia serta kepedulian masyarakat Indonesia diharapkan terumbu karang, sebagai habitat tempat berkembangbiaknya berbagai jenis ikan tetap dapat dilestarikan.

Upaya tersebut sekaligus mampu meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat, khususnya nelayan, karena potensi perikanan cukup besar dan terus berkembang, harap Menteri Fadel Muhammad.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010