Jakarta (ANTARA) - Johann Zarco bakal start dari jalur pit di balapan MotoGP yang ia jalani selanjutnya menyusul penalti yang dijatuhkan oleh para steward menyusul investigasi insiden tabrakan di GP Austria.

"Setelah evaluasi ditentukan bahwa ada bukti dari membalap yang tidak bertanggung jawab dari Johann Zarco, yang menghasilkan sebuah penalti. Pebalap asal Prancis itu akan start balapan MotoGP dia yang selanjutnya dari jalur pit," demikian laman resmi MotoGP, Jumat.

Pebalap tim Esponsorama Racing itu terlibat kecelakaan hebat dengan Franco Morbidelli dari tim Petronas Yamaha di GP Austria akhir di Red Bull Ring, akhir pekan lalu. Kedua pebalap telah memenuhi panggilan panel steward untuk memberi keterangan.

Baca juga: Zarco jelaskan insiden tabrakan dengan Morbidelli di GP Austria
 


Insiden tersebut menyebabkan bendera merah dikibarkan dan start lomba harus diulang setelah baru berjalan sembilan putaran.

Setelah menyalip Morbidelli, Zarco melakukan pengereman ketika melaju di zona pengereman menuju Tikungan 3. Sang pebalap Italia gagal mengantisipasi hal itu ketika membuntuti motor Ducati yang berada di depannya sehingga tabrakan tak terhindarkan.

Kedua motor terpelanting melesat bak peluru dan hampir mengenai Valentino Rossi dan Maverick Vinales yang sedang berada di tikungan.

Zarco melewatkan sesi latihan bebas pada Jumat setelah dinyatakan tidak fit karena masih menjalani pemulihan pascaoperasi tulang skafoid.

Dia akan mengikuti tes medis selanjutnya untuk menentukan apakah dia fit untuk sesi latihan, kualifikasi maupun balapan nanti.

Baca juga: Pesan Rossi pascatabrakan mengerikan di GP Austria
Baca juga: Ducati menanti enam kemenangan beruntun di Austria

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020